Jangan Anggap Sepele, Hal Ini Perlu Diperhatikan Saat Perjalanan Arus Balik Lebaran 2024

- 14 April 2024, 20:34 WIB
Ilustrasi Tips aman dan nyaman bagi pemudik dalam perjalanan arus balik usai mudik lebaran
Ilustrasi Tips aman dan nyaman bagi pemudik dalam perjalanan arus balik usai mudik lebaran /Freepik.com/

BANJARNEGARAKU.COM - Inilah hal sepele namun sangat penting untuk diperhatikan dalam perjalanan arus balik lebaran 2024 untuk dapat memastikan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan, terutama dalam kondisi lalu lintas padat.

Dalam menghadapi perjalanan arus balik Lebaran 2024, persiapan yang matang menjadi kunci utama. Dengan memastikan keberadaan alat-alat pendukung dan menyediakan air mineral dalam kendaraan, pengemudi dapat mengurangi risiko terjadinya masalah teknis yang dapat mengganggu kelancaran perjalanan.

Ketua Umum Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN), Hermas E Prabowo, menyoroti kebutuhan akan persiapan kendaraan yang memadai seperti diansir dari Antara.

Pentingnya persiapan alat-alat seperti kunci roda, dongkrak, dan ban serep tak bisa dipandang sebelah mata.

Sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan kebocoran ban, keberadaan alat-alat ini dalam kendaraan menjadi keharusan. Dengan demikian, pengemudi dapat mengatasi masalah teknis kecil tanpa harus menunggu bantuan di tengah jalan.

Baca Juga: PT KAI Daop V Purwokerto Antisipasi Lonjakan Penumpang Pasca-Lebaran dengan Tambah Rangkaian Kereta

Selain alat-alat tersebut, Hermas juga menyoroti pentingnya menjaga ketersediaan air mineral di dalam kendaraan. Meskipun terlihat sederhana, air mineral memiliki peran krusial dalam menjaga kelancaran perjalanan.

Dalam situasi darurat, seperti kekurangan air wiper atau kebocoran air radiator, ketersediaan air mineral dapat menjadi penyelamat yang mencegah risiko overheat pada mesin.

Menurut Hermas, air radiator yang dapat menggunakan air mineral memiliki fungsi vital dalam sistem pendinginan kendaraan.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah