Jangan Terjebak! Inilah Fase Kritis pada Demam Berdarah Dengue

- 22 April 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi - Nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD)/Jangan Terjebak! Inilah Fase Kritis Penyakit Demam Berdarah
Ilustrasi - Nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD)/Jangan Terjebak! Inilah Fase Kritis Penyakit Demam Berdarah /pixabay.com/

BANJARNEGARAKU.COM - Perlu diketahui bahwa terdapat fase pada Demam Berdarah Dengue (DBD) yang seringkali menjebak pasien. Demam yang seolah turun justru menjadi fase paling kritis dalam siklusnya.

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Salah satu ciri khas DBD adalah adanya fase demam yang terbagi menjadi beberapa tahap.

Dilansir dari pkmkedungbadak.kotabogor.go.id, mari kita mengenal lebih jauh mengenai fase-fase demam tersebut:

Baca Juga: Mengungkap Bahaya Vape: Dampak dan Risiko yang Wajib Diketahui

1. Fase Pertama (Hari ke 1-3): Demam Tinggi

Pada fase ini, penderita DBD akan mengalami demam yang cukup tinggi, bahkan mencapai suhu 40°C. Gejala lain yang mungkin dirasakan adalah nyeri otot, sakit kepala, dan nyeri pada bagian belakang mata.

2. Fase Kedua (Hari ke 4-5): Fase Kritis

Fase kedua merupakan fase kritis dari DBD. Pada saat ini, demam akan mulai turun menjadi sekitar 37°C, dan penderita mungkin merasa sedikit lebih baik atau merasa bisa melakukan aktivitas kembali.

Namun, ini bukan berarti penyakitnya sudah sembuh. Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, bisa terjadi kondisi yang fatal. Salah satu tanda bahaya pada fase ini adalah penurunan jumlah trombosit secara drastis.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Puskesmas Kedung Badak


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah