Ternyata Ada 10 Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Indonesia, Banyak Orang Belum Tahu!

- 10 Maret 2024, 21:22 WIB
Pemkab Boyolali menggelar Gebyar Padusan untuk sambut Ramadhan. Ternyata Ada 10 Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Indonesia, Banyak Orang Belum Tahu!
Pemkab Boyolali menggelar Gebyar Padusan untuk sambut Ramadhan. Ternyata Ada 10 Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Indonesia, Banyak Orang Belum Tahu! /Doc. Antara/

BANJARNEGARAKU.COM - Bulan Ramadhan atau bulan puasa adalah bulan berkah dan mendatangkan ampunan bagi seluruh umat. Salah satu bulan yang dinantikan kedatangannya bagi seluruh umat muslim, karena termasuk bulan yang banyak mendatangkan pahala bagi melaksanakan ibadah puasa.

Ada tradisi menyambut bulan Ramadhan, ternyata ada 10 tradisi unik menyambut Bulan Ramadhan di Indonesia, dan jarang banyak orang tahu akan tradisi ini.

Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Matematika Terbaru, Uji Kompetensi 6 No.10-15 Halaman 47 Kelas 8 SMP MTs: Teorema Pythagoras

Dikutip banjarnegarku.com dari PikiranRakyat-Depok.com, mungkin juga tak banyak orang yang tahu, karena ternyata antusias masyarakat muslim dalam menyambut Bulan Ramadhan ini banyak ragam dan unik, contohnya adalah 10 tradisi unik menyambut Bulan Ramadhan di Indonesia yang menarik untuk dibahas.

Sebagaimana dikutip pula dari website resmi Kominfo, berikut selengkapnya informasi 10 tradisi unik menyambut Bulan Ramadhan di Indonesia. Simak berikut ini:

1. Malamang

Merupakan tradisi unik masyarakat Sumatera Barat, di mana masyarakat akan bergotong-royong memasak nasi lemang dan membagikannya kepada kerabat dan tetangga untuk saling bermaafan sebelum Bulan Ramadhan.

Baca Juga: Teguh Fajar Santosa dari Banjarnegara Terpilih Jadi Muda30 yang Mengubah Indonesia

2. Sadranan

Tradisi Sadranan yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah ini adalah kegiatan membersihkan makam dan berdoa untuk leluhur, dan juga dijadikan ajang untuk saling silaturahmi sebelum tibanya Bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiranrakyat-Depok.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah