Amalan di Bulan Ramadhan, Ini Bacaan Doa Qunut Sholat Tarawih & Witir Beserta Artinya...

- 4 April 2024, 07:00 WIB
Bacaan Doa Qunut Witir. Amalan di Bulan Ramadhan, Ini Bacaan Doa Qunut Sholat Tarawih & Witir Beserta Artinya...
Bacaan Doa Qunut Witir. Amalan di Bulan Ramadhan, Ini Bacaan Doa Qunut Sholat Tarawih & Witir Beserta Artinya... /Freepik/

BANJARNEGARAKU.COM - Satu di antara amalan di malam hari Bulan Puasa Ramadhan 2024 adalah membiasakan membaca Doa Qunut Sholat Tarawih. Doa Qunut ini dibaca saat Witir dilaksanakan, sebagaimana yang terdapat dalam riwayat Abu Daud dan At-Tarmidzi dari Al-Hasan bin Ali radhiyallahu ‘anhuma.

Dalam riwayat tersebut juga disebutkan ada bacaan Doa Qunut yang diajarkan oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW kepada Al-Hasan bin Ali radhiyallahu ‘anhuma.

Baca Juga: Sinopsis Film Thriller 'Homefornt' Ini Aksi Jason Statham dan Winona Ryder, Kisah Seorang Mantan Agen DEA

Teks Doa Qunut ini merupakan doa yang sungguh mulia dan penuh dengan pengharapan kepada Allah SWT. Dengan mengamalkan membaca Doa Qunut dalam Sholat Tarawih, umat Muslim diharapkan mendapatkan berkah dan ampunan dari Allah SWT.

Para ulama mazhab Imam Syafi'i menghukumi sunnah membaca doa qunut pada rakaat terakhir sholat witir di separuh terakhir Ramadhan. Sebagian pendapat ada yang membolehkan qunut sepanjang Ramadhan, tetapi pendapat yang paling kuat dalam mazhab Syafi’i adalah qunut dikhususkan pada separuh akhir Ramadhan.

Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar menuturkan,

ويستحب القنوت عندنا في النصف الأخير من شهر رمضان في الركعة الأخيرة من الوتر، ولنا وجه: أن يقنت فيها في جميع شهر رمضان، ووجه ثالث: في جميع السنة، وهو مذهبُ أبي حنيفة، والمعروف من مذهبنا هو الأوّل

Artinya: “Menurut kami, disunnahkan Qunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadhan. Ada juga dari kalangan kami (Syafiiyyah) yang berpendapat, disunnahkan Qunut di sepanjang Ramadhan. Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa disunnahkan Qunut di seluruh shalat sunnah.

Baca Juga: Simak! Panduan Amalan Sunnah Hari Raya Idul Fitri, Kunci Sukses Meraih Kebahagiaan di Hari Kemenangan

Ini menurut madzhab Abu Hanifah. Namun, yang baik menurut madzhab kami adalah model yang pertama, yaitu Qunut pada separuh akhir Ramadhan.” Yang dibaca saat Sholat Witir:

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: jabar.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x