Ganas, Komando Utama Tempur Milik TNI Angkatan Darat, Yuk Simak Selengkapnya

- 16 Februari 2022, 10:06 WIB
Personel Kopassus./Antara
Personel Kopassus./Antara /

BANJARNEGARAKU - Angkatan Darat adalah Matra darat milik Tentara Nasional Indonesia (TNI AD).

Seperti matra laut dan udara TNI Angkatan Darat juga memiliki Pasukan khusus yaitu Komando Pasukan Khusus atau Kopassus.

Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus merupakan bagian dari Komando Utama tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat.

Baca Juga: Detasemen Jalamangkara Hantu Laut yang Sangat Ditakuti Milik Indonesia

Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Tugas Kopassus Operasi Militer Perang (OMP) diantaranya Direct Action serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence (Operasi Inteligen Khusus).

Baca Juga: Profil Detasemen Khusus 88 Anti Teror, Pasukan Pilihan Milik Indonesia

Selain itu, Tugas Kopasus Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya Humanitarian Asistensi (bantuan kemanusiaan), AIRSO (operasi anti insurjensi, separatisme dan pemberontakan), perbantuan terhadap kepolisian/pemerintah, SAR Khusus serta Pengamanan VVIP.

Baca Juga: Bertemu Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Agus Sulistriyono Perkenalkan PRMN dan Promedia

Prajurit Kopassus dapat mudah dikenali dengan baret merah yang disandangnya, sehingga pasukan ini sering disebut sebagai pasukan baret merah. Kopassus memiliki moto "Berani, Benar, Berhasil".

Halaman:

Editor: Kunto Adhi Prasetyo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah