Gus Yaqut Bahas Kepastian Kuota Haji dengan Menteri Haji dan Umrah Saudi

- 21 Maret 2022, 22:34 WIB
Menti Agama Yaqut bahas kuota haji Indonesia
Menti Agama Yaqut bahas kuota haji Indonesia /

BANJARNEGARAKU - Pemerintah masih harus menunggu kepastian kuota yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia.

Namun demikian Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan akan memberangkatkan jamaah haji Indonesia pada 1443H/2022M.

Kepastian tersebut disampaikan Menag Gus Yaqut usai bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah, Minggu 20 Maret 2022 di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi.

Baca Juga: Ditjen GTK Kemdikbud RI Klarifikasi Surat Edaran Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi PNS
 
"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi," kata Menag dalam keterangan resminya, Senin 21 Maret 2022.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor itu juga mendiskusikan kemungkinan jumlah kuota haji Indonesia dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah.

Sehingga dia berharap Indonesia dapat mendapatkan kuota yang ideal seiring dengan bertambahnya jumlah jemaah yang  menunggu dan rindu ke Tanah Suci.

Baca Juga: Percepatan Vaksin Covid-19 di Purbalingga, Berpeluang Dapat Hadiah Motor
 
"Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal," kata Gus Men. "Saya tegaskan bahwa Indonesia siap melaksanakan haji dan memohon agar segera ada kepastian kuotanya," tuturnya.
 
Sementara itu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah mengatakan terus melakukan berbagai persiapan jelang pembukaan haji bagi jemaah luar Saudi. Apalagi, hingga kini, jemaah umrah dari berbagai negara telah ramai berdatangan dan semua berjalan lancar.

Lebih lanjut terkait kuota, Tawfiq mengatakan bukanlah keputusan dari Kementerian Haji dan Umrah saja.

Baca Juga: Aksi Viral Pawang Hujan di Sirkuit MotoGP Mandalika 2022, Ini Kata Den Juneng Suhu Padepokan Carang Seket

Dengan demikian proses pengambilan keputusan tentang kuota, harus melibatkan instansi terkait lainnya di Kerajaan Arab Saudi.
 
Tawfiq mengatakan, jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. Namun, Arab Saudi tahun ini siap menerima jemaah haji luar negeri dan persiapan terus dilakukan.

Halaman:

Editor: Kunto Adhi Prasetyo

Sumber: Humas Kemenag Jateng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x