Banjarnegara Punya Program Manis Nan Jitu, Apakah Artinya? Simak Penjelasan Selengkanya

- 21 April 2022, 11:09 WIB
Petugas medis RSI Banjarnegara dalam program “Manis nan Jitu” atau Mekanisme Pelayanan Kesehatan Jiwa Terpadu
Petugas medis RSI Banjarnegara dalam program “Manis nan Jitu” atau Mekanisme Pelayanan Kesehatan Jiwa Terpadu /doc. Humas Pemkab Banjarnegara

BANJARNEGARAKU - Berbagai kebijakan dan inovasi dimunculkan oleh Pemerintah, pihak swasta dan masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Salah satunya adalah inovasi yang dilahirkan oleh Puskesmas Rakit 2, Banjarnegara yaitu program “Manis nan Jitu” atau Mekanisme Pelayanan Kesehatan Jiwa Terpadu.

Sebenarnya, program “Manis nan Jitu” ini sudah berjalan sejak 27 Januari 2020, atas kerja sama dengan Rumah Sakit Islam Banjarnegara dan unsur lainnya.

Baca Juga: Keren! Pramuka di Banjarnegara Berikan Hadiah Alquran selama Ramadhan

Adalah sosok Yuli Puriwati pengelola program jiwa Puskesmas Rakit 2 yang membuat inovasi yang terinspirasi karena kasus ODGJ mengamuk di wilayah Puskesmas Rakit 2 cukup banyak.

Kepala Puskesmas Rakit 2 Khusnul Khotimah mengatakan manis dan jitu merupakan bentuk pelayanan kesehatan bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) secara terpadu dengan melibatkan masyarakat, keluarga, perangkat desa, kader, lintas sektoral, dan Rumah Sakit Islam Banjarnegara.

“ODGJ yang mendapatkan pengobatan teratur sejak tahun 2019 di wilayah Puskesmas Rakit 2 sebesar 35,24% dengan kasus ODGJ mengamuk yang ditemukan sebanyak 11 kasus,” ungkapnya.

Baca Juga: Dokter Cantik Ini Ungkap Manfaat Berpuasa, Salah Satunya Baik untuk Kesehatan Mental, Begini Selengkapnya

Implementasi yang dilakukan diantaranya adalah advokasi dan koordinasi pemerintah desa dan lintas sektor, kunjungan rumah ODGJ, kemudahan pelayanan rujukan ke rumah sakit dengan cukup mengirimkan foto data diri (KTP, KK, Kartu BPJS, Surat Rujukan) melalui Whastapp sebagai bukti pendaftaran.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x