Sejarah Hari Pahlawan 10 November, Berikut Sejumlah Tokoh yang Terlibat

- 10 November 2022, 05:53 WIB
Hari Pahlawan 10 November 2022
Hari Pahlawan 10 November 2022 /Freepik/

BANJARNEGARAKU.COM - Pada artikel ini terangkum mengenai sejarah Hari Pahlawan 10 November, pada tanggal tersebut selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan setiap tahunnya.

Peringatan Hari Pahlawan merupakan momen yang penting untuk dikenang oleh Bangsa Indonesia, yang setiap tahunnya diperingati pada 10 November.

Dibalik peringatan Hari Pahlawan setiap 10 November, ada pertempuran terbesar dan tersulit yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam melawan penjajah.

Pertempuran tersebut terjadi pada 10 November 1945 di Surabaya. Oleh karena itu, pertempuran tersebut juga dikenal dengan pertempuran Surabaya.

Baca Juga: Gus Rozin Khawatirkan Munculnya Fenomena Pseudo, Setelah Terbitnya UU 18 Tahun 2019, Berikut Penjelasanya

Adapun, sejumlah tokoh pahlawan yang juga turut dalam pertempuran Surabaya tersebut adalah Bung Tomo, Moestopo, Gubernur Suryo, Mayjen Sungkono, HR Muhammad Mangoendiprodjo dan KH Hasyim Ays’ari.

Lantas, bagaiama kronologi pertempuran Surabaya bisa terjadi hingga diperingati sebagai Hari Pahlawan sampai saat ini? Berikut penjelasan yang telah dirangkum oleh Pikiran-Rakyat.com.

Diketahui, pertempuran Surabaya bermula dari datangnya pasukan Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Aulbertin Walter Sother Mallaby dari Allied Forces Netherland East Indies (NICA) pada 25 Oktober 1945.

Baca Juga: Ganjar Tegaskan Tol Semarang-Demak Bakal Beroperasi Saat Natal dan Tahun Baru 2022

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x