Gunung Dieng Terus Alami Peningkatan, Terbaru Kadar Gas CO2 di Kawah Timbang Meningkat

- 16 Januari 2023, 13:35 WIB
keterangan resmi dari PVMBG terkait peningkatan gas CO2 di Kawah Timbang pada Senin 16 Januari 2023
keterangan resmi dari PVMBG terkait peningkatan gas CO2 di Kawah Timbang pada Senin 16 Januari 2023 /doc. PVMBG

BANJARNEGARAKU.COM - Gunung Dieng terus mengalami peningkatan aktifitas pasca dinaikkan statusnya dari level I normal menjadi level II waspada pada Jumat 13 Januari 2023 pukul 23.00 WIB kemarin.

Saat ini peningkatan kenaikan gas CO2 yang berada di kawasan kawah timbang juga terus terjadi.

Berdasarkan keterangan resmi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Nomor : 4.E /GL.03/BGV/2023 Tanggal : 16 Januari 2023, tentang kenaikan gas CO2 kawah timbang gunung api Dieng.

Berikut keterangan resminya secara lengkap

Baca Juga: Dieng Pernah Menyimpan Sejarah Memilukan, 147 Warga Desa Kepucukan Meninggal Dunia

Kawasan Dataran Tinggi Dieng merupakan suatu komplek gunung api aktif tipe – A,dan secara administratif masuk ke dalam wilayah: Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Secara morfologi memiliki beberapa kawah dan lapangan fumarola yang saat ini masih aktif diantaranya kawah Timbang dan kawah Sileri yang seringkali mengalami peningkatan aktivitas dan erupsi.

Aktivitas terakhir di kawah Timbang terjadi pada tanggal 23 Mei 2011, dan mengalami peningkatan kembali pada 27 Maret 2013, mengeluarkan aliran gas CO2 dengan konsentrasi yang sangat berbahaya sejauh maksimum 2 km ke arah selatan, dengan tinggi asap maksimum mencapai 500 meter.

Aktivitas kawah Timbang dipantau secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) Dieng yang berada di Desa Karang Tengah RT 01/02 Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: M. Alwan Rifai


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x