Wujudkan Haji Ramah Lansia, Ini Upaya yang Dilakukan oleh Kemenag

- 18 Juni 2023, 19:10 WIB
Wujudkan Haji Ramah Lansia, Ini Upaya yang Dilakukan oleh Kemenag
Wujudkan Haji Ramah Lansia, Ini Upaya yang Dilakukan oleh Kemenag /

BANJARNEGARAKU.COM - Jumlah jemaah haji lansia dari Indonesia mencapai 67 ribu orang atau sekiranya 30 persen dari 229 ribu dari keseluruhan kuota jemaah haji Indonesia tahun ini.

Kategori usia lansia yang ditetapkan oleh WHO merupakan orang dengan usia 60 tahun ke atas, sedangkan Kementerian Agama menetapkan prioritas lansia tahun ini merupakan jemaah dengan usia 65 tahun ke atas.

Baca Juga: Ini Tips Sai Aman untuk Jemaah Haji Berisiko Tinggi dan Lansia

Dengan banyaknya jemaah haji Indonesia yang berusia 65 tahun ke atas pada penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M, Kemenag mencanangkan tagline "Haji Ramah Lansia".

Untuk mewujudkan pengoptimalisasian layanan untuk semua jemaah haji, termasuk yang merupakan kategori lansia, Kemenag melakukan beberapa upaya.

Baca Juga: Kemenag Luncurkan Kanal Pengaduan Jemaah Haji, Begini Caranya

"Kami sejak awal perencanaan, telah melibatkan ahli geriatri dari Universitas Indonesia untuk merumuskan konsep layanan, prosedur operasional, sekaligus melakukan pemantauan dan pengawasan kesehatan jamaah haji lansia saat operasional,” terang Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Subhan Cholid dikutip Banjarnegaraku.com dari website Kemenag.

Baca Juga: Mutingah Ach Shodiq Berusia 97 Tahun, Calon Jemaah Haji Tertua Asal Purbalingga Akui Kuat dan Sehat

Menjadikan pedoman dari ahli geriatri sebagai materi saat proses manasik. Kemenag juga menyusun buku pedoman Manasik Haji Ramah Lansia.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x