Akhirnya Kita Lepas dari Pandemi COVID-19

- 22 Juni 2023, 10:05 WIB
transisi dari pandemi ke endemi -f/istimewa/pixabay/Tumisu
transisi dari pandemi ke endemi -f/istimewa/pixabay/Tumisu /

BANJARNEGARAKU.COM - Presiden Joko Widodo mengumumkan pada Rabu 21 Juni 2023 Indonesia resmi memasuki masa endemi COVID-19, setelah mencabut status pandemi yang berlaku selama tiga tahun terakhir. Presiden menyebut sejumlah pertimbangan dalam memutuskan hal ini, antara lain angka kasus COVID harian hampir nihil dan 99 persen masyarakat telah memiliki antibodi COVID.

Keputusan ini menindaklanjuti masa peralihan (transisi) dari pandemi ke endemi yang diumumkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 17 Mei 2023 lampau. Dilansir dari laman presidenri, Menteri Budi menjelaskan juga bahwa virus penyebab Covid-19 tidak akan hilang sehingga masyarakat harus belajar hidup dengan virus tersebut.

Menkes pun menjelaskan sedikitnya empat hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat dalam transisi dari pandemi ke endemi ini.

Baca Juga: TERNYATA! Jeje Govinda Sudah Tahu Istrinya Berselingkuh dengan Rendy Kjaernett, Ada Chatnya pada Syahnaz...


Masyarakat harus mengetahui mengenai penyakitnya serta cara menghindarinya.
Masyarakat harus mengetahui mengenai surveilans atau cara mendeteksi penyakitnya.
Masyarakat diharapkan mengetahui obat atau antivirus dari penyakitnya.
Masyarakat juga perlu mengetahui mengenai vaksin sebagai upaya memberikan perlindungan pertama bagi mereka yang telah masuk kategori boleh divaksinasi.

Baca Juga: 3 Manfaat Mandi Sebelum Fajar, Salah Satunya Sebagai Tolak Bala

Pengertian endemi

Berdasarkan Center of Disease Control (CDC), definisi endemi adalah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat. Endemi merupakan keadaan dimana kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada pada suatu populasi dalam suatu area geografis tertentu. Contoh penyakitnya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD).

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Setkab presidenri Antaranews yankes.kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x