Dunia Makin Panas! Jerman Mengincar Rusia, Tempatkan Pasukan Tentara secara Permanen di Lituania

- 27 Juni 2023, 08:33 WIB
 Menteri Pertahanan Jerman, Boris Pistorius.
Menteri Pertahanan Jerman, Boris Pistorius. /GEOFFROY VAN DER HASSELT/Pool via REUTERS/

 

BANJARNEGARAKU.COM - Jerman siap menempatkan 4.000 brigade tentara di Lituania secara permanen dalam koordinasi dengan perencanaan pertahanan NATO setelah invasi Rusia ke Ukraina.

"Jerman mempertahankan komitmennya sebagai anggota NATO, sebagai ekonomi terbesar Eropa, untuk membela perlindungan sayap timur," tegas Menteri Pertahanan Jerman, Boris Pistorius saat berkunjung ke Vilnius pada Senin 26 Juni 2023.

Namun dia mengatakan bahwa infrastruktur yang diperlukan harus ada sebagai prasyarat. Di masa lalu, Berlin mengatakan akan membutuhkan waktu bertahun-tahun di Lituania untuk menyediakan barak, area perumahan untuk keluarga, depot, dan tempat pelatihan.

Baca Juga: Investor Diprediksi Beralih ke Aset 'Safe-Haven', Pasar Keuangan Merespons Gejolak Politik di Rusia

"Kami setuju bahwa brigade akan tumbuh selangkah demi selangkah seiring dengan infrastruktur yang dibangun," kata Pistorius, seraya menambahkan bahwa pengerahan pasukan tentara semacam itu tidak dapat diselesaikan dalam "beberapa bulan".

Dilansir Banjarnegaraku.com dari Reuters, Selasa 27 Juni 2023, Pistorius juga menekankan bahwa pengerahan pasukan itu juga harus sesuai dengan rencana regional NATO yang merinci bagaimana hal itu akan menanggapi serangan Rusia.

Presiden Lithuania Gitanas Nauseda mengatakan dia menargetkan infrastruktur sudah ada pada 2026.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x