Garis Keturunan Pendiri NU Sekaligus Tokoh Perempuan, Yenny Wahid Potensial Jadi Cawapres

- 3 Juli 2023, 15:02 WIB
Yenny Wahid siap
Yenny Wahid siap /Brave/Yenny Wahid/ instagram

BANJARNEGARAKU.COM - Yenny Wahid atau Zannuba Ariffah Chafsoh memiliki garis keturunan pendiri Nahdlatul Ulama, organisasi Islam terbesar di Indonesia. Yenny yang juga politisi perempuan dianggap mampu meraup suara bagi Capres yang menggandengnya. 

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin yakin Yenny mampu mendongkrak suara, siapapun pasangannya. 

"Yenny Wahid ini politisi perempuan. Dia memiliki garis keturunan langsung dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Tentu ini dapat mendongkrak suara dari kaum Nahdliyin terutama kalangan NU kultural bagi siapa pun pasangannya," kata Ujang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu 2 Juli 2023.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu menyatakan Yenny Wahid merupakan sosok cawapres yang paling rasional dan paling potensial untuk maju pada Pemilihan Presiden 2024.

Yenny dapat menguatkan pasangannya terutama di isu-isu sosial dan keagamaan.

Sebagai informasi, Yenny adalah putri Presiden Keempat RI KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur. 

"Yenny Wahid representasi Nahdliyin. Meskipun secara struktural NU cenderung netral. Tapi, dengan menggaet Yenny Wahid sebagai cawapres maka pasangannya akan dikuatkan dengan isu agama. Apalagi NU ini kan dikenal Islam yang moderat dan mengedepankan keindonesiaan dan kebangsaan," tambah Ujang. 

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x