Upacara Kemerdekaan Tingkat Nasional Tahun yang Ini Bukan di DKI Jakarta, Dimana?

- 8 Juli 2023, 13:48 WIB
Upacara HUT RI 1950
Upacara HUT RI 1950 /Brave/Arsip pemprov Jogja

BANJARNEGARAKU.COM - Sudah menjadi kebiasaan upacara 17 Agustus dari tahun ke tahun diadakan di Istana negara yang berada di DKI Jakarta. Ternyata upacara resmi 17 Agustus pernah diadakan bukan di DKI Jakarta. Ini sejarah yang masyarakat Indonesia harus tahu. 

Sesudah proklamasi kemerdekaan di Jl. Pegangsaan Timur 56 Jakarta, Republik Indonesia memasuki masa persiapan. Belum semua negara mengakui kemerdekaan waktu itu, terutama Belanda. Mereka mengusulkan kembali menduduki Indonesia dengan membonceng tentara Sekutu. 

Dilansir dari arsip jogjaprov, upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang pertama tanggal 17 Agustus 1946 di halaman Istana Negara (Gedung Agung) Yogyakarta. Inspektur Upacara Presiden Soekarno menghadiri Wapres Moh. Hatta, Panglima Besar Jenderal Soedirman dan para Menteri.

Peringatan HUT ke-4 proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1949 dengan pidato Presiden Soekarno bertempat di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Hadir antara lain Ny. Fatmawati Soekarno, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Jenderal Sudirman. 

Baca Juga: Menuju Kota Cerdas, Banjarnegara Harus Belajar kepada Jaki

Setelah mendapatkan pengakuan kemerdekaan dari Belanda, yaitu pada tanggal 27 Desember 1949, Indonesia merayakan kemerdekaan di Jakarta. Pada 17 Agustus 1950, bendera pusaka untuk pertama kalinya berkibar di halaman Istana Merdeka.

Sesudah itu secara rutin upacara peringatan HUT RI diadakan secara rutin setiap tanggal 17 Agustus dengan Presiden sebagai upacara inspektur. 

Perayaan hari kemerdekaan resmi punya ritual tersendiri. Pada HUT ke-78 RI cukup banyak acara yang dipersiapkan pemprov DKI Jakarta. Sebagai ulang tahun kemerdekaan RI terakhir di DKI Jakarta sebagai ibu kota negara, pemprov menyiapkan acara khusus juga. 

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Setkab Arsip Provinsi Yogyakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x