Warga Dihimbau Bangkai Sapi Mengandung Bakteri Antraks Harus Dibakar, Ini Penjelasan Menkes...

- 12 Juli 2023, 09:29 WIB
Ilustrasi antibiotik. Warga Dihimbau Bangkai Sapi Mengandung Bakteri Antraks Harus Dibakar, Ini Penjelasan Menkes...
Ilustrasi antibiotik. Warga Dihimbau Bangkai Sapi Mengandung Bakteri Antraks Harus Dibakar, Ini Penjelasan Menkes... /Pexels/ Anna Shvets

BANJARNEGARAKU.COM - Penanganan penyakit Antraks yang merebak di Gunungkidul Yogyakarta, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berencana mengintervensi. Selanjutnya Kemenkes juga berencana akan menyalurkan antibiotik bagi pasien terpapar bakteri Bacillus anthracis.

Dijelaskan Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Kemenkes akan berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dalam pendistribusian antibiotik tersebut. Budi mengatakan, merebaknya antraks adalah bukti keterkaitan kesehatan manusia dan hewan saling berkaitan.

Baca Juga: Angkot Milik Warga Dukuh Kaligondang Bantar, Terbakar! Petugas Damkar Purwonegoro Lakukan Pemadaman

Dilansir Banjarnegaraku.com dari Pikiran-Rakyat.com pada 12 Juli 2023, Menkes: Bangkai Sapi Mengandung Bakteri Antraks Harus Dibakar, Jangan Dimakan.

Oleh karena itu, kata Budi, penting untuk mengantisipasi penyakit antraks dengan cara memberikan vaksin kepada hewan ternak.

"Hewan-hewan itu sama seperti penyakit menular yang perlu divaksinasi," katanya.

Kemenkes dan Kementan juga terus menelusuri bangkai hewan ternak di zona endemi. Apabila terdapat bakteri antraksnya, maka harus dibakar.

Baca Juga: Inilah Kisah Tragis Ayah Gantung Diri di Kediri, Lantaran Tuntutan Sang Istri...

"Hewan mati itu perlu diperiksa, apakah dia ada bakteri antraksnya atau enggak. Kalau ini ada, harus dibakar tidak boleh dimakan," ujarnya menegaskan.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x