Dukcapil Bantah Kebocoran 337 Juta Data Kependudukan

- 18 Juli 2023, 00:10 WIB
Peretas data
Peretas data /Brave/NoName_13/ pixabay

BANJARNEGARAKU.COM - Ramai pemberitaan bocornya 337 data penduduk Indonesia yang diduga berasal dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Pada sekira Senin 20.30 WIB 17 Juli 2023, melalui twitter @dukcapilKDN mereka melayangkan pranala bantahan. Sayang pranala tersebut tidak bisa dibuka. 

Pertama kali berita kebocoran data dicuitkan oleh akun @secgron pada 16 Juli 2023. Pada saat berita ini ditulis Tweet tersebut sudah diretweet 10 ribu kali lebih dan disukai oleh 25 rb akun. 

"Kali ini yang bocor adalah data kita semua di Dukcapil sebanyak 337 juta data.

Data yg dipastikan bocor adalah nama, NIK, No KK, tgl lahir, alamat, nama ayah, nama ibu, NIK ayah, NIK ibu, No akta lahir/nikah dll," cuit akun yang menggunakan nama Teguh Aprianto dan bercentang biru. 

 

Bahkan Teguh juga menantang supaya Dukcapil segera menyiapkan bantahan. Menurutnya seperti biasa Dukcapil terlalu terburu-buru melayangkan bantahan. Lalu saat kemenkominfo dan BSSN melakukan investigasi, hasilnya tak pernah diungkap ke publik. 

Baca Juga: Jadwal Wayang Kulit, Selasa Kliwon 18 Juli 2023, Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap, Pangandaran, Kendal

"Lalu ketika 2 lembaga yg ga berguna ini @kemkominfo & @BSSN_RI ditugaskan untuk investigasi, yg tau hasilnya cuma mereka sama tuhan." tulis Teguh skeptis. 

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x