Inilah Lima Butir Pengembangan Kebudayaan Islam, Hasil Pertemuan Seniman dan Budayawan Nusantara

- 24 Juli 2023, 07:47 WIB
Seniman dan budayawan Nusantara mengikuti "Temu Konsultasi Seniman dan Budayawan Nusantara" yang digelar pada 20-22 Juli 2023 di Jakarta.
Seniman dan budayawan Nusantara mengikuti "Temu Konsultasi Seniman dan Budayawan Nusantara" yang digelar pada 20-22 Juli 2023 di Jakarta. /Kemenag/

BANJARNEGARAKU.COM - Direktorat Penerangan Agama Islam (Penais) Ditjen Bimas Islam menggelar kegiatan "Temu Konsultasi Seniman dan Budayawan Nusantara" pada 20-22 Juli 2023 di Jakarta.

Hasilnya, seniman dan budayawan Nusantara menyepakati rumusan lima butir pengembangan kebudayaan Islam di Nusantara.

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki mengatakan bahwa seni dan budaya merupakan identitas yang dimiliki masyarakat Indonesia. Ini juga mempengaruhi bagaimana masyarakat nusantara beragama.

Baca Juga: Inovasi Kopi Seceting Unggulan Kabupaten Banjarnegara, Kemenag dapat Penghargaan

Menurut Wamenag, Temu Konsultasi Seniman Budayawan Nusantara ini menjadi momentum untuk membangun kesalehan beragama agar tidak tercerabut dari identitas kebangsaan Indonesia yang multikultural.

"Saya berharap, para seniman dan budayawan dapat membawakan pesan-pesan agama melalui produk-produk budaya yang bisa menggerakkan masyarakat agar tetap guyub, rukun, saling tolong menolong, dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa," kata Wamenag Saiful Rahmat Dasuki di Jakarta dalam pertemuan itu..

Sejumlah narasumber yang hadir dalam forum tersebut adalah Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, penyair KH Zawawi Imron, intelektual muda yang juga Ketua Lakpesdam PBNU Ulil Absar Abdalla, Ketua LESBUMI Jadul Maula, Budayawan M. Sobari, Filolog Islam Nusantara A. Ginanjar Sya'ban, Staf Khusus Menteri Agama Mohammad Nuruzzaman, dan founder Alvara Research Center Hasanuddin Ali.

Pertemuan yang difasilitasi Direktorat Penerangan Agama Islam (Penais) Ditjen Bimas Islam ini bertujuan mencari formula yang dapat diterapkan bersama untuk mengembangkan kebudayaan Islam di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x