Kapan KTT ASEAN 2023 di Jakarta? Begini Agenda dan Lokasinya

- 26 Agustus 2023, 15:27 WIB
Sesi foto bersama pemimpin ASEAN, Kamis, 11 Mei 2023, di Labuan Bajo.
Sesi foto bersama pemimpin ASEAN, Kamis, 11 Mei 2023, di Labuan Bajo. /ASEAN2023 Host Photographer /

BANJARNEGARAKU.COM - KTT ASEAN 2023 akan berlangsung pada bulan September, di Jakarta. Kapan tepatnya KTT ASEAN di Jakarta?

Dilansir Banjarnegaraku.com dari laman Sekretariat Kabinet RI, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN akan berlangsung pada 5-7 September 2023, di Jakarta Conevention Center (JCC).

"Presiden RI akan memimpin 12 pertemuan antara tanggal 5 sampai 7 September dan ini semua akan bertempat di Jakarta Convention Center,” kata Sidharto.

Menurut Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Sidharto R Suryodipuro diperkirakan sebanyak 27 pemimpin negara dan organisasi internasional akan hadi di KTT ke-43 ASEAN.

Baca Juga: Kementerian ESDM: Warga Beli Elpiji 3 Kg Bawa KTP, Diberlakukan Mulai 1 Januari 2024

Termasuk juga pemimpin negara peserta EAS, pemimpin Pacific Island Forum (PIF), pemimpin Indian Ocean Rim Association (IORA), dan Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

Agenda KTT ke-43 ASEAN

Pada 5 September 2023, akan diselenggarakan KTT ke-43 ASEAN dalam format plenary maupun retreat. Dilanjutkan dengan KTT antara ASEAN dengan negara mitra pada 6-7 September. Pada tanggal 7 September juga akan dilaksanakan KTT Asia Timur dan KTT ASEAN Plus Three.

"Presiden juga akan memimpin kegiatan yang bersifat nonpersidangan, seperti pembukaan KTT-43 ASEAN, pembukaan ASEAN-Indo-Pacific Forum: Implementation of the AOIP, gala dinnersocial events yang akan berlangsung tanggal 7 [September], serta upacara penutupan dan penyerahan keketuaan ASEAN kepada ketua berikutnya yaitu Republik Demokratik Rakyat Laos,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x