Demokrat Hengkang dari Koalisi KPP Dipicu PKB Masuk dengan Tiba-tiba, PKS Menyesal...

- 2 September 2023, 17:56 WIB
Cak Imin (kiri) dan Anies Baswedan (kanan).
Cak Imin (kiri) dan Anies Baswedan (kanan). //Antara Foto/Galih Pradipta

BANJARNEGARAKU.COM - Dipicu oleh PKB yang tiba-tiba masuk ke dalam koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Demokrat kemudian hengkang dari koalisi. PKS menyesali hengkangnya Demokrat dari Koalisi karena dipicu hal tersebut.

Demokrat merasa kecewa dengan sikap Surya Paloh yang secara tiba-tiba menunjuk Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) mendampingi Anies Baswedan. Setelah sebelumnya mantan Gubernur Jakarta itu menyurati Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan memintanya untuk menjadi Cawapres.

Namun, Surya Paloh secara tiba-tiba mengumukan Cak Imin sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) Anies Baswedan. Hal itulah yang menyebabkan kekecewaan di kubu Demokrat, hingga Demokrat memutuskan untuk hengkang dari Koalisi KPP.

Baca Juga: Ini Dia Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Halaman 37: Kata Berawalan Me!

Perginya Demokrat dari KPP pun disesalkan oleh PKS. Hal itu juga yang membuat mereka tidak menghadiri acara deklarasi duet Anies Baswedan-Cak Imin di Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu 2 September 2023 ini.

"Ya kami sesungguhnya berharap ya ada prosedur yang bisa lebih bagus daripada situasi hari ini," ucap Ketua DPP PKS Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Polhukam) Al Muzzammil Yusuf saat konferensi pers, Sabtu 2 September 2023.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka Kelas 2 Halaman 37: Where Is My Pen!

"Sesungguhnya koalisi 3 partai itu tidak akan mengalami goncangan apa-apa ketika masuknya PKB dengan cara yang smooth, bisa kita lakukan itu," katanya menambahkan.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x