Isu Hangat India Jadi Negara Bharat! Kok Bisa Jadi Gitu? Berikut Ini Alasannya...

- 8 September 2023, 20:34 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) menyerahkan palu kepemimpinan G20 kepada Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi (kiri) pada penutupan Working Session 3 KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Zabur Karuru/wsj.
Presiden Joko Widodo (tengah) menyerahkan palu kepemimpinan G20 kepada Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi (kiri) pada penutupan Working Session 3 KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Zabur Karuru/wsj. /ZABUR KARURU/ANTARA FOTO

BANJARNEGARAKU.COM - INDIA - Isu India akan berubah nama menjadi Bharat akhir-akhir ini sedang hangat diperbincangkan. Isu tersebut berawal dari undangan makan malam di sela-sela pertemuan para pemimpin negara-negara G 20 di India.

Di sela-sela pertemuan G20, Presiden India yaitu Droupadi Murmu mengirim surat undangan makan malam. Di dalam surat undangan itu Murmu menyebut dirinya sebagai "Presiden Bharat". Hal itu memicu spekulasi bahwa pemerintah India ingin mengubah nama negara mereka menjadi Bharat.

Dilansir oleh Yulisfia Pebrilian, conten creator BANJARNEGARAKU.COM, dari bbc.com, bahwa spekulasi tersebut menguat ketika dalam pernyataan pers pertemuan ASEAN-India, Narendra Modi disebut sebagai "Perdana Menteri Bharat".

 Baca Juga: Viral! Mendadak India Jadi Negara Bharat! Indonesia Jadi India? Berikut Ini Alasannya...

"Bharat" ternyata disebut secara gamblang dalam konstitusi India, padahal tak banyak diketahui orang.

Hal tersebut tertera pada pasal pertama konstitusi India bahwa: "India, yang adalah Bharat, merupakan kesatuan dari negara-negara bagian".

 Baca Juga: 20 Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban PENJASORKES Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Bab 2: Gerak Dasar Non-lokomotor

Bharat kerap digunakan untuk merujuk India dalam bahasa Hindi. Namun, dalam komunikasi resmi menggunakan bahasa Inggris, sebutan India selalu dipakai.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: bbc.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x