Gempa M5,3 di Kepulauan Talaud, Sisi Tepi Utara Indonesia

- 16 September 2023, 21:13 WIB
Salah satu sudut Melonguane, kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara
Salah satu sudut Melonguane, kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara /Brave/San Lambuaso / Gmap

BANJARNEGARAKU.COM - Sebuah gempa 5,3 SR terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada 17.04 WIB atau 18.04 WITA waktu setempat. Kepulauan Talaud beribukota di Melonguane. Gempa yang terjadi pada 16 September 2023, berpusat 21 km arah barat daya Melonguane. 

BMKG melaporkan bahwa gempa ini tidak berpotensi Tsunami. Sampai pukul 18.25 WITA tidak dilaporkan adanya gempa susulan atau aftershock. Sejauh ini belum ada laporan kerusakan atau korban berkaitan gempa ini. Digambarkan kekuatan intensitas IV MMI ini bisa dirasakan oleh orang yang berada di dalam rumah saat siang hari. 

Baca Juga: Talauad Sulawesi Utara diguncang Gempa 5,3 Magnitudo, Tidak Berpotensi Tsunami

Hasil analisis BMKG, gempa ini memiliki intensitas update M5,0. Episenternya terletak pada koordinat 3,91 LU dan 126,51 BT. Lokasinya berada 21 km arah barat daya Melonguane berada di lautandangkal pada kedalaman 49 km. 

Gempa yang terjadi adalah jenis gempa tektonik. Diperkirakan gempa ini terjadi karena pergeseran lempeng.  Memperhatikan episenter dan hiposenter maka gempa bumi ini dikategorikan gempa dangkal. Kemungkinan besar karena pergeseran (deformasi) batuan dalam lempeng laut Maluku. 

BMKG mengharapkan masyarakat sekitar tetap tenang. Tidak mudah terhasut isu dan berita tidak bertanggung jawab. Tetap menghindari bangunan yang kemungkinan terjadi retak atau rusak. Masyarakat sekitar sebaiknya memeriksa bangunan dahulu sebelum kembali masuk ke dalam rumah. 

Sebagai catatan Melonguane merupakan kota di selatan pulau Karakelong, salah satu pulau besar di kabupaten Kepulauan Talaud. Kabupaten ini terletak di sisi utara berbatasan dengan Filipina dan dekat Davao. ***

Editor: Ali A

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x