Tiga Pesan Jokowi di KTT AIS 2023, Tempat Ngumpul Negara-Negara Pulau dan Kepulauan

- 11 Oktober 2023, 17:43 WIB
KTT AIS pertama di Bali. 3 pesan Jokowi
KTT AIS pertama di Bali. 3 pesan Jokowi /afif/

BANJARNEGARAKU.COM - Indonesia menjadi tuan rumah KTT AIS, Archipelagic and Island States, sebuah forum tempat ngumpulnya negara-negara pulau dan kepulauan. Dalam KTT yang digelar di Bali pada 10-11 Oktober 2023 Presiden Jokowi berpesan mengenai tiga hal.

KTT AIS bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS 2023 di Bali menjadi KTT AIS pertama yang diselenggarakan.

Lantas, apa tiga pesan Jokowi dalam KTT AIS 2023 di Bali? Simak artikel berikut ini.

Baca Juga: 14 Pembalap Meriahkan Parade MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia, Tidak Ada Riders MotoGP

Dilansir dari laman kominfo RI berikut pesan Jokowi dalam KTT AIS pertama di Bali.

Jokowi berpesan, pertama adalah solidaritas, kesetaraan, dan inklusifitas yang harus menjadi prinsip dan pegangan bersama. “Yang Kedua adalah prioritas pada kerja sama konkret yang disesuaikan dengan kebutuhan penerima,” kata Presiden.

Sementara yang ketiga adalah kerangka kerja sama yang tangguh dan dinamis untuk menghadapi tantangan-tantangan ke depan.

“Ketiganya merupakan medium penghubung antarnegara pulau dan kepulauan yang perlu dijaga. Dengan komitmen saling menjaga laut, tentunya akan membuat lautan menjadi lebih lestari,” ujar Presiden.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: kominfo.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x