Indonesia Kutuk Serangan Israel ke RS di Gaza, Jokowi: Pelanggaran Hukum Humaniter Internasional

- 19 Oktober 2023, 19:54 WIB
Indonesia Kutuk Serangaan Israel ke RS di Gaza, Jokowi: Pelanggaran Hukum Humaniter Internasional
Indonesia Kutuk Serangaan Israel ke RS di Gaza, Jokowi: Pelanggaran Hukum Humaniter Internasional /Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden/

BANJARNEGARAKU.COM - Pengeboman RS Al-Ahli Baptist di Gaza mengundang reaksi sejumlah negara termasuk Indonesia. Presiden Joko Widodo mengutuk serangan mematikan Israel ke RS itu. Presiden mengungkapkan bahwa tindakan tersebut merupakan pelanggaran hukum humaniter internasional.

Konflik di Gaza semakin masuk ke dalam krisis kemanusiaan. Di tengah konflik, akses listrik, air, dan bantuan di blokade Israel. Yang paling menyedihkan adalah peristiwa diserangnya RS Al-Ahli Baptist di Gaza pada Selasa 17 Oktober 2023 yang menewaskan setidaknya 500 orang.

Baca Juga: Secercah Harapan, Mesir Buka Perbatasan dan Izinkan Truk Bantuan Masuk Gaza, AS Bantu 100 Juta US Dollar

Ungkapan keprihatinan dan sikap presiden tersebut disampaikan melalui unggahan video di akun X presiden Joko Widodo @jokowi pada Kamis 19 Oktober 2023. Dalam video tersebut Presiden mengutuk tindakan Israel dan menyampaikan langkah-langkah Indonesia terhadap konflik tersebut termasuk mengirim Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke pertemuan OKI.

"Tindak kekerasan yang terjadi di Gaza adalah pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional. Sekaranglah saatnya dunia berdiri bersama, membangun solidaritas global untuk menyelesaikan masalah Palestina secara adil dan menerapkan parameter internasional yang telah disepakati." Tulis Presiden di akun X @jokowi

Baca Juga: Tak Ada Tempat Aman di Gaza, PBB Kutuk Pengeboman Rumah Sakit Al-Ahli Baptist, Biden: Saya Marah dan Sedih

Dalam video yang di unggah, presiden menyampaikan pesan sebagai berikut:

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu, indonesia mengecam keras tindak kekerasan yang terjadi di Gaza karena telah mengakibatkan penderitaan dan semakin banyaknya korban sipil termasuk perempuan dan anak. Indonesia juga mengutuk serangan Israel terhadap Rumah Sakit Al ahli."

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: @jokowi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x