Peringatan Hari Pahlawan, 6 Tokoh Dianugerahi Pahlawan Nasional, Siapa Saja Mereka?

- 10 November 2023, 23:46 WIB
Presiden Jokowi pada Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2023, di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 10 November 2023. / Humas Setkab/Agung
Presiden Jokowi pada Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2023, di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 10 November 2023. / Humas Setkab/Agung /

BANJARNEGARAKU.COM - Pada peringatan Hari Pahlawan 2023 yang jatuh pada Jumat, 10 November, pemerintah Indonesia menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh. Siapa saja mereka?

Keenam tokoh pahlawan tersebut memiliki peran yang beragam, dari perlawanan terhadap penjajah hingga menjadi pelopor dalam perjuangan kemerdekaan.Pemberian gelar pahlawan nasional kali ini didasarkan Keputusan Presiden nomor 115-TK-tahun 2023 tertanggal 6 November 2023.

Dilansir dari Antaranews berikut 6 tokoh yang mendapatkan gelar pahlawan nasional pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023:

Baca Juga: Ini 5 Tempat Bersejarah Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, Peringati Hari Pahlawan Intip Wisata Sejarah!

1. Ida Dewa Agung Jambe (Bali)

Sebagai penguasa kerajaan Klungkung, Ida Dewa Agung Jambe dari Bali memberikan perlawanan heroik terhadap penjajah Belanda. Gugur dalam perang Puputan Klungkung pada 28 April 1908, namanya menjadi simbol keteguhan dan keberanian dalam mempertahankan tanah air.

2. Bataha Santiago (Sulawesi Utara)

Bataha Santiago, pemimpin kerajaan Manganitu dari Sulawesi Utara, dikenal sebagai tokoh sakti yang menolak perjanjian dagang dengan VOC. Berpendirian kuat dalam membela nusa dan bangsa, keberaniannya menciptakan jejak tak terhapuskan dalam sejarah.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah