Rohingya Dulu Diterima di Aceh Sekarang Ditolak, Netizen Ingatkan Kasus Israel

- 18 November 2023, 10:58 WIB
Kapal Pengungsi Rohingya
Kapal Pengungsi Rohingya /Pikiran Aceh/DOKUMENTASI WARGA DESA MEUNASAH DUA PASI

BANJARNEGARAKU.COM - Gelombang pengungsi Rohingya kembali datang ke Aceh beberapa hari belakangan. Mereka berjumlah ratusan orang per kapalnya. Warga lokal Aceh menolak menerima mereka sebagai pengungsi. Sesudah diberi bantuan sekadarnya, perahu mereka kembali dipersilahkan untuk berlayar lagi. 

Gelombang pertama pada Selasa 14 November 2023, menepi ke pesisir pantai Gampong Blang Raya Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie. Jumlahnya sekira 200 orang namun enam orang diantaranya melarikan diri.

Gelombang kedua pada Rabu 15 November 2023 sebanyak 147 orang. Pengungsi Rohingya kembali mendarat di kawasan pantai Beurandeh Kecamatan Batee Kabupaten Pidie.

Baca Juga: KKN Mahasiswa STIT Tunas Bangsa Banjarnegara Diterjunkan di Desa Depok, Kepala Desa Berikan Sambutan Hangat

Sedangkan gelombang ketiga pada Kamis 16 November 2023 menepi di kawasan pesisir Jangka Kabupaten Bireuen. Pada gelombang ini pengungsi tidak dibiarkan turun. Jumlahnya 249 orang akhirnya mendarat di Aceh Utara. Setelah diberikan makanan, kapal mereka kembali didorong ke lautan. 

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Aceh bersuara mengenai penolakan warga lokal ini. Dilansir dari Antara, KontraS Aceh mengingatkan Perpres 125/2016 pasal 17 dan 18. Jika ada pengungsi telah mendarat, maka Basarnas harus mengerahkan pertolongan, dan instansi pemerintah serta masyarakat harus saling berkoordinasi.

Koordinator KontraS Aceh, Azharul Husna di Banda Aceh meminta pemerintah memberi perhatian pada Pengungsi Rohingya. 

Baca Juga: Krisis Bahan Bakar Mempercepat Kematian Warga Gaza di Tengah Pemutusan Layanan Komunikasi

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: ANTARA PIKIRAN ACEH


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x