Awas Hoax! Kapal Blue Lagoon Tenggelam Bukan di Bali Ternyata Di Daerah Ini

- 20 November 2023, 11:23 WIB
Kapal Blue Lagoon tenggelam tetapi bukan di sekitar Bali
Kapal Blue Lagoon tenggelam tetapi bukan di sekitar Bali /Brave/Tangkap layar Video viral

BANJARNEGARAKU.COM - Viral beredar di antara grup whatsapp tentang tenggelamnya sebuah kapal wisatawan. Narasi yang mengikuti ada yang menyebut di daerah Padang Bai, Bali atau ada juga yang menyebut di daerah Penyeberangan Gilimanuk, Bali. 

Pada video yang berdurasi 38 detik menggambarkan sebuah perahu dia lantai dalam keadaan miring. Beberapa penumpang yang sudah menggunakan pelampung melompat ke arah laut. Sebagian lain masih bertahan di kapal yang sudah miring sekitar 60 derajat ke samping. 

Baca Juga: Ebiet G Ade Pulang Kampung Halaman ke Wanadadi Banjarnegara, Bawakan Puluhan Lagu di Konser Seakong Fest

Orang yang memvideokan sudah ada di laut dengan menggunakan pelampung. Narasi yang diucapkan pembuat video dalam bahasa Inggris. Dekat kapal yang miring tersebut ada kapal lain yang lebih besar. Tampak beberapa penumpang panik dan mencengkeram erat pagar kapal. Beberapa yang lain yang sudah siap melompat ke laut. 

Penelusuran Banjarnegaraku terhadap video viral tersebut menemukan bahwa video tersebut tidak terjadi di Bali. Seperti tertulis dalam narasi pengantar yang tersebar di grup WA adalah tidak tepat. 

Laman resmi Kominfo sudah mengkonfirmasikan bahwa narasi di video yang beredar di tiktok dan WA adalah HOAX. Kominfo memposting pernyataan tersebut pada 19 November 2023.

Baca Juga: Penegakan Hukum dan HAM di Era Kepemimpinan Jokowi, Capres Ganjar Pranowo Beri Nilai 5.... Kenapa?

“Faktanya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali Kombes Jansen Avitus Panjaitan memastikan kecelakaan laut tersebut tidak terjadi di perairan Pulau Dewata. Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, ditemukan informasi bahwa kecelakaan Kapal Blue Lagoon Island terjadi di Kepulauan Bahamas atau negara Persemakmuran Bahama,” tulis laman kominfo. 

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x