Google Doodle Hari Ini: Sejarah Kapal Pinisi, Apa Arti Nama Pinisi? Untuk Apa Dibuat Kapal Pinisi?

- 7 Desember 2023, 13:22 WIB
Google Doodle Kapal Pinisi
Google Doodle Kapal Pinisi /Google Doodle

BANJARNEGARAKU.COM - Hari ini 7 Desember 2023 Google menggunakan Google Doodle bergambar kapal pinisi. Simak sejarah kapal pinisi, asal kapal pinisi, arti nama kapal pinisi, dan kenapa dibuat kapal pinisi dalam artikel berikut.

Sejarah membuktikan bahwa negara Indonesia telah menguasai lautan sejak ribuan tahun yang lalu. Bukti nyata kejayaan sebagai negara maritim dapat ditemukan dalam sejarah panjang, salah satunya adalah kehadiran kapal Pinisi. Kapal ini pertama kali dibuat pada abad ke-14 oleh seorang putra mahkota dari Kerajaan Luwu yang bernama Sawerigading.

Sebagai warga negara maritim, kita seharusnya bangga dengan kekayaan dan luas lautan yang menjadi bagian integral dari identitas kita. Mari bersama-sama menjaga dan merawat laut yang telah menjadi saksi bisu perjalanan bangsa kita.

Baca Juga: Mengungkap Fakta, Mengapa Kapal Pinisi Dijadikan Google Doodle Hari Ini

Sejarah Kapal Pinisi, Mengapa Dibuat Kapal Pinisi, dan Arti Nama Pinisi

Sawerigading menciptakan kapal Pinisi menggunakan kayu dari pohon Walerengreng atau pohon Dewata yang terkenal kokoh dan tahan terhadap kerusakan. Kapal tersebut kemudian digunakan untuk berlayar menuju Tiongkok, dengan tujuan mempersunting putri kerajaan yang bernama We Cudai.

Namun, beberapa tahun setelah pergi, kerinduan akan kampung halaman membuat Sawerigading memutuskan untuk pulang. Ia memilih menggunakan kapal yang sama untuk kembali ke tanah air.

Sayangnya, di tengah perjalanan, kapal yang dia naiki mengalami kerusakan hebat akibat gelombang di daerah Bulukumba. Kapalnya terbelah dan terpencar ke tiga wilayah, yaitu Ara, Tana Beru, dan Lemo-Lemo.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: hubla.dephub.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah