Jangan Jadi Agen Penyebar Berita Hoaks, Tips Mengidentifikasi Berita Hoaks

- 8 Desember 2023, 12:30 WIB
Ilustrasi Hoaks. ANTARA/net/pri (net)
Ilustrasi Hoaks. ANTARA/net/pri (net) /

BANJARNEGARAKU.COM - Terkadang seseorang entah sengaja atau tidak meneruskan pesan tentang berita hoaks tanpa mengidentifikasi kebenaran dan urgensi menyebarkan berita. Jangan sampai kita menjadi agen penyebar berita hoaks baik sadar atau tidak menyadarinya. Berikut tips mengidentifikasi berita hoaks.

Perang informasi antarpihak pun semakin intens terutama jelang Pilpres 2024. Hoaks bertujuan menggugah emosi dan memenangkan opini publik. Oleh karena itu, sebagai pembaca dan pengguna media sosial, diperlukan kecerdasan untuk membedakan berita yang benar dan hoaks.

Tim Divisi Humas Polri melalui Instagram memberikan tips agar masyarakat dapat menghindari berita palsu atau konten hoaks.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membedakan dan menghindari tertipu oleh berita palsu:

1. Kembangkan Pola Pikir yang Kritis

Jangan telan mentah-mentah informasi yang Anda dapatkan dari media sosial. Berusahalah untuk selalu berpikir terbuka dan kritis. Pertanyakan informasi yang Anda terima dan jangan ragu untuk mencari kebenaran di balik setiap berita.

2. Periksa Sumber Penulisan dan Publikasinya

Kenali informasi dengan teliti menelusuri sumbernya. Pastikan apakah media tersebut kredibel atau tidak. Jangan langsung percaya 100% pada informasi yang berasal dari sumber yang belum terpercaya.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Divisi Humas Polri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x