Petugas KPPS Wajib Tahu! Apa Saja Yang Di Lakukan Sebelum Pemungutan Suara Pemilu 2024, Begini Penjelasannya..

- 6 Februari 2024, 09:46 WIB
Ilustrasi simulasi Pemilu oleh petugas KPPS.  Petugas KPPS Wajib Tahu! Apa Saja Yang Di Lakukan Sebelum Pemungutan Suara Pemilu 2024, Begini Penjelasannya..
Ilustrasi simulasi Pemilu oleh petugas KPPS. Petugas KPPS Wajib Tahu! Apa Saja Yang Di Lakukan Sebelum Pemungutan Suara Pemilu 2024, Begini Penjelasannya.. /ANTARA

BANJARNEGARAKU.COM - Pada hari pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 mendatang, tugas dan peran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjadi garda terdepan. Untuk itu, KPPS harus memahami dengan baik persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai tugasnya pada hari pemungutan suara.

Tugas KPPS menjadi sangat vital dalam memastikan kelancaran dan keadilan proses demokrasi, sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023.

Baca Juga: Gus Ali Gondrong di Banjarnegara: Pilih Ganjar Berarti Bareng Saya

Dikutip banjarnegaraku.com dari ngawi.pikiran-rakyat.com, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh KPPS sebelum pemungutan suara dilaksanakan.

Berikut ini adalah rangkuman persiapan penting yang harus dilakukan oleh KPPS:

1. Penyiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Sebelum pemungutan suara dimulai, KPPS harus memastikan bahwa TPS telah dipersiapkan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal ini meliputi fasilitas yang memadai seperti listrik, air, toilet, dan tempat parkir yang mudah dijangkau oleh pemilih. Selain itu, keamanan dan kenyamanan TPS juga harus dijamin melalui pengaturan pengawasan, penjagaan, dan penerangan yang memadai.

Baca Juga: Bansos jadi Alat Politik, si Miskin Cuma Diperalat Menangkan Pemilu Pilpres 2024, Ini Kata Said Abdullah...

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: ngawi.pikiranrakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x