Apakah Awal Ramadhan Libur? Ini Bisa jadi Momentum Bersilaturahmi dan Liburan Bagi Anak SD Hingga SMA...

- 21 Februari 2024, 15:33 WIB
Ilustrasi Libur Awal Ramadhan 2024. Apakah Awal Ramadhan Libur? Ini Bisa jadi Momentum Bersilaturahmi dan Liburan Bagi Anak SD Hingga SMA...
Ilustrasi Libur Awal Ramadhan 2024. Apakah Awal Ramadhan Libur? Ini Bisa jadi Momentum Bersilaturahmi dan Liburan Bagi Anak SD Hingga SMA... /Portal Purwokerto/Hening Prihatini/Portal Purwokerto

BANJARNEGARAKU.COM - Marhaban Ya Ramadhan, kehadiran bulan puasa disambut dengan suka cita oleh umat Muslim, termasuk bagi yang masih pada sekolah. Meski saat ini memang masih bulan Syaban tapi tanpa disadari sudah memasuki pekan kedua. Itu artinya, sebentar lagi akan memasuki awal puasa atau bulan suci Ramadhan.

Jika telah memasuki bulan Ramadhan, hal ini merupakan momentum yang baik untuk bersilaturahmi, bahkan biasanya anak sekolah SD sampai SMA ketika bulan puasa dijadikan sebagai kesempatan kumpul bersama teman-teman seangkatan.

Baca Juga: Panduan Bermain Games saat Puasa: Apa yang Diperbolehkan dalam Islam?

Apalagi bagi anak sekolah di rantauan, moment ini juga dijadikan momentum untuk berkumpul bersama dengan keluarga maupun saudara.

Dikutip banjarnegaraku.com dari PikiranRakyat-Depok.com, Biasanya, ada ketentuan libur awal puasa untuk anak sekolah SD hingga SMA. Lantas, tahukah kalau Ramadhan tahun ini bertepatan dengan Hari Nyepi yang sudah pasti dilihat dari kalender adalah tanggal merah.

Sedangkan awal Ramadhan 1445 Hijriah tahun ini jatuh pada 11 dan 12 Maret 2024. Kendati begitu, ketetapan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sebab menyesuaikan keputusan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama RI pada 29 Sya'ban atau 10 Maret 2024.

Baca Juga: Menko Polhukam dan Menteri ATR Baru Resmi Dilantik Hari Ini, Inilah Kekuatan 'Misteri Rabu Pon'

Dan awal puasa tahun ini diperkirakan libur terjadi pada tanggal 12-14 Maret 2024. Ini bisa jadi kabar yang menyenangkan, karena penetapan awal Ramadhan biasanya mendapat kesempatan libur sebanyak 2-3 hari untuk anak sekolah baik SD hingga SMA.

Namun begitu, untuk tanggal 13 dan 14 Maret 2024, penetapan tersebut masih bersifat estimasi karena dapat berubah menyesuaikan kondisi dari sekolah masing-masing.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiranrakyat-Depok.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x