Pemprov DKI Jakarta Gelar Mudik Gratis 2024, Berikut Daftar Kota Tujuannya

- 14 Maret 2024, 13:02 WIB
Ilustrasi Mudik Gratis 2024. Pemprov DKI Jakarta Gelar Mudik Gratis 2024, Berikut Daftar Kota Tujuannya
Ilustrasi Mudik Gratis 2024. Pemprov DKI Jakarta Gelar Mudik Gratis 2024, Berikut Daftar Kota Tujuannya /kominfo.jatimprov.go.id

BANJARNEGARAKU.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar program mudik gratis dalam rangka menyambut momen Lebaran tahun 2024. Simak kota mana saja yang menjadi tujuannya dalam artikel ini.

Dilansir dari Antara bahwa melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, telah diumumkan daftar kota dan kabupaten tujuan yang menjadi sasaran program ini. Rencananya, sebanyak 19 kota dan kabupaten yang tersebar di enam provinsi akan menjadi tujuan mudik gratis bagi masyarakat.

Menurut Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, program ini akan dilaksanakan mulai tanggal 4 April 2024. Dalam pelaksanaannya, akan disediakan 259 unit bus pengangkut penumpang untuk arus mudik, dan 210 unit bus untuk arus balik. Selain itu, terdapat juga 13 unit truk pengangkut kendaraan bermotor untuk arus mudik dan 10 unit truk untuk arus balik.

Daftar kota dan kabupaten tujuan mudik gratis tersebut mencakup sejumlah wilayah di berbagai provinsi. Mulai dari Lampung di Sumatera hingga Jawa Timur di Pulau Jawa.

Baca Juga: Pendaftaran Mudik Gratis 2024 dari PT Pegadaian, Beserta Link Daftar, Syarat, Jadwal, dan Tujuan Keberangkatan

Beberapa kota dan kabupaten tujuan termasuk Bandar Lampung, Palembang, Tasikmalaya, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Sragen, Yogyakarta, Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang.

Syafrin juga memprediksi bahwa lebih dari 18.000 warga akan memanfaatkan program mudik gratis ini. Harapannya, partisipasi masyarakat dalam program ini dapat mengurangi angka kecelakaan dan volume kendaraan pribadi di jalanan.

Dengan berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor, diharapkan potensi kecelakaan lalu lintas juga dapat diminimalisir, sehingga pemudik bisa sampai ke kampung halaman dengan selamat.

Baca Juga: Mudik Gratis Lebaran 2024 Kemenhub, Bisa Angkut Sepeda Motor! Catat Jadwal dan Pendaftarannya...

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x