Pendaftaran CPNS 2024, Prioritas Penerimaan Ditempatkan Di Ibu Kota Nusantara

- 28 Maret 2024, 08:35 WIB
Pendaftaran CPNS 2024, Prioritas Penerimaan Ditempatkan Di Ibu Kota Nusantara
Pendaftaran CPNS 2024, Prioritas Penerimaan Ditempatkan Di Ibu Kota Nusantara /Cilacapkab

BANJARNEGARAKU.COM - Pendaftaran CPNS tahun 2024 akan segera dibuka, dan saat ini Pemerintah segera membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2024. Namun perlu dicatat penerimaan CPNS tahun ini akan diprioritaskan untuk ditempatkan di Ibu Kota Negara Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Hal ini ditegaskan Pelaksana Tugas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto pada konferensi pers Selasa 19 Maret 2024 bertajuk "Persiapan Pengelolaan Manajemen ASN menuju IKN" yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) di Jakarta.

Baca Juga: Lima Jenis Makanan Ini Bisa Mencegah DBD, Waspada dan Wajib Tahu!

"Penerimaan baru untuk instansi pusat formasinya akan ditempatkan di IKN secara bertahap. Kita menginginkan mereka yang melamar sudah tahu terkait penempatannya nanti adalah di IKN," ujar Haryomo.

Dikutip banjarnegaraku.com dari kabarindramayu.pikiran-rakyat.com, selain formasi CPNS 2024, BKN juga dikatakan Haryomo terus menjaring Sumber Daya-Manusia (SDM) dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah ada untuk diproyeksikan dipindahkan ke IKN.

Selaini iyu juga, Potensi dan kompetensi ASN ini menjadi hal utama dalam penjaringan melalui tes kompetensi yang sudah dilakukan sejak 2022. Hasilnya di tahun 2022 setelah dilakukan pemetaan terdata ada sebanyak 22.436 ASN, kemudian 2023 sebanyak 96.760 dan hingga periode Maret 2024 sebanyak 2.430.

Baca Juga: Bupati Tiwi Himbau Gencarkan PSN Guna Cegah DBD, Saat Ashar Keliling di Pangempon

"Ini menjadi prioritas BKN karena memang dipersiapkan untuk mengetahui potensi SDM yang layak dipindahkan ke IKN. Ini masih berlangsung sampai dengan kebutuhan pegawai yang ada di IKN terpenuhi. Kami berharap memang mereka yang pindah adalah yang memiliki talenta yang diperlukan," kata Haryomo.

Dalam penerimaan CPNS kali ini dilakukan melalui tes potensi dan kompetensi, katanya, pada prinsipnya dilakukan BKN untuk mendapatkan setepat mungkin talenta-talenta ASN, khususnya yang punya kemampuan di bidang literasi digital dan mereka yang berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif atau yang biasa disingkat Berakhlak.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: kabarindramayu.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x