Jalan Tol Fungsional yang Dibuka Gratis Selama Mudik Lebaran 2024, Berikut Daftarnya....

- 6 April 2024, 03:00 WIB
ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama. Jalan Tol Fungsional yang Dibuka Gratis Selama Mudik Lebaran 2024, Berikut Daftarnya....  .
ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama. Jalan Tol Fungsional yang Dibuka Gratis Selama Mudik Lebaran 2024, Berikut Daftarnya.... . /Pikiran Rakyat/Hilmi Abdul Halim/

BANJARNEGARAKU.COM - Memasuki musim mudik Lebaran 2024, salah satu langkah strategis yang diambil adalah pembukaan akses gratis ke beberapa ruas tol fungsional yang diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di jalur utama.

Sedangkan, Badan Pengatur Jalan Tol (BPUJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengumumkan sejumlah inisiatif untuk memastikan perjalanan pulang ke kampung halaman berlangsung lancar dan menyenangkan.

Baca Juga: Bupati Tiwi Dukung Rifki Maulana Menang di World Cup Tester Championship di Amerika Serikat

Dikutip banjarnegaraku.com dari Pikiran-Rakyat.com, berikut adalah daftar tol fungsional yang akan dibuka secara gratis selama periode mudik Lebaran 2024:

1. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan
2. Tol Solo-Yogyakarta-NYIA
3. Tol Cimanggis-Cibitung
4. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung-Indapura dan Seksi 3-4 Sinaksak-Seribu Dolok
5. Tol Bangkinang-Tanjung Alai
6. Tol Indrapura-Kisaran
7. Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 3 sebagian

Tujuh jalan tol fungsional ini akan beroperasi mulai 5-16 April 2024. Rinciannya, tiga ruas di Jawa Barat dan empat ruas di Sumatera.

Baca Juga: PT Jasamarga Transjawa Tol Mencatat 105.000 Kendaraan Tinggalkan Kota H-7 dan H-6 Lebaran 2024, Jakarta Sepi..

Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Berdasarkan data dan analisis dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Kementerian Perhubungan, puncak arus mudik Lebaran 2024 diperkirakan akan terjadi pada:

1. Puncak Arus Mudik: H-5 sampai H-3 Lebaran, dengan titik tertinggi kepadatan lalu lintas diperkirakan terjadi pada sore hingga malam hari.

2. Puncak Arus Balik: H+3 sampai H+5 Lebaran, dengan prediksi kepadatan serupa pada jam-jam kembali ke kota asal.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x