Bansos Rp600.000 Sudah Cair Apa Iya? KPM Harus Tahu tentang BLT Mitigasi Risiko Pangan, Biar Tak Keliru...

- 23 April 2024, 11:15 WIB
Bansos Rp600.000 Sudah Cair Apa Iya? KPM Harus Tahu tentang BLT Mitigasi Risiko Pangan, Biar Tak Keliru...
Bansos Rp600.000 Sudah Cair Apa Iya? KPM Harus Tahu tentang BLT Mitigasi Risiko Pangan, Biar Tak Keliru... /

BANJARNEGARAKU.COM - Saat ini ada informasi yang tak jelas beredar di masyarakat, bahkan publik dihebohkan dengan informasi seputar penyaluran bantuan sosial (bansos) sebesar Rp600.000. Namun, pertanyaan muncul: apakah penyaluran tersebut adalah program Bantuan Langsung Tunai BLT Mitigasi Risiko Pangan?

Sehingga, masyarakat harus bisa menahan diri, utamanya bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) perlu memilah informasi yang beredar dengan hati-hati.

Baca Juga: Indonesia Bersiap Hadapi Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Dikutip banjarnegaraku.com dari tangerangkota.pikiran-rakyat.com, untuk penyaluran bansos sebesar Rp600 ribu yang sedang beredar ternyata adalah bagian dari program bansos Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT triwulan tahap 2. Penyaluran ini dilakukan melalui PT Pos Indonesia kepada KPM yang memenuhi syarat.

Namun, dapat disimpulkan bahwa BLT Mitigasi Risiko Pangan atau BLT MRP dengan nominal yang sama belum ada pencairan resmi. Perlu diketahui bahwa BLT Mitigasi Risiko Pangan adalah bantuan langsung tunai (BLT) pengganti bantuan El Nino yang berlanjut pada tahun ini.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara tegas menyampaikan hal ini dalam persidangan Mahkamah Konstitusi (MK) pada tanggal 5 April 2024 lalu.

Baca Juga: Cara Mudah Dapatkan Penghasilan Tambahan, Begini Cara Mendapat Saldo DANA Gratis Rp500.000 Sekarang

Kendala Pencairan BLT Mitigasi Risiko Pangan

Dijelaskan Sri Mulyani, hingga saat ini pencairan BLT Mitigasi Risiko Pangan belum dapat dilaksanakan karena Kementerian Keuangan masih menunggu dokumen pengajuan anggaran dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Menurut Sri Mulyani, menyatakan bahwa Kementerian Keuangan akan menambah anggaran Kemensos untuk memulai penyaluran BLT Mitigasi Risiko Pangan (MRP) begitu dokumen yang diperlukan diterima.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: tangerangkota.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x