Rp13 T Dana Muhammadiyah Dialihkan dari BSI ke Bank Lain, PP Muhammadiyah: Hindari Concentration Risk

- 6 Juni 2024, 20:00 WIB
Logo Muhammadiyah
Logo Muhammadiyah /@muhammadiyah.or.id/

BANJARNEGARAKU.COM - Keputusan jajaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah bisa dikatakan sangat mengejutkan.

Bagaimana tidak, dengan dasar memo PP Muhammadiyah nomor 320/I.0/A/2024 yang ditandatangani Ketua Dr H Agung Danarto M Ag dan Sekretaris Muhammad Sayuti Mpd MEd PhD, sekitar Rp13 triliun dana di Bank Syariah Indonesia atau BSI dialihkan ke bank lain.

Ini alasan mengapa PP Muhammadiyah memutuskan mengalihkan semua dana Muhammadiyah dari PT Bank Syariah Indonesia (BSI) yang jumlahnya dikabarkan mencapai Rp13 triliun.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sebagaimana dilansir banjarnegaraku.com dari ANTARA menyampaikan, keputusan pengalihan dana simpanan dan pembiayaan dari BSI dilakukan untuk meminimalkan persaingan yang mungkin terjadi di antara bank-bank syariah lain.

Ketua PP Muhammadiyah Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Industri Halal, Anwar Abbas mengatakan bahwa porsi penempatan dana Muhammadiyah terlalu terkonsentrasi di BSI, sementara penempatan dana di bank-bank syariah lain masih sedikit. Hal itu secara bisnis dapat menimbulkan risiko konsentrasi (concentration risk).

Baca Juga: KABAR BAHAGIA! Bansos PKH Mei-Juni 2024 Sudah Cair ke Pemilik KKS Bank Ini, Cek Apakah Namamu di Sini...

"Sehingga bank-bank syariah lain tersebut tidak bisa berkompetisi dengan margin yang ditawarkan oleh BSI, baik dalam hal yang berhubungan dengan penempatan dana maupun pembiayaan. Bila hal ini terus berlangsung, maka tentu persaingan di antara perbankan syariah yang ada tidak akan sehat dan itu tentu jelas tidak kita inginkan," kata Anwar dalam keterangan tertulis kepada awak media di Jakarta, Rabu.

Anwar menegaskan, Muhammadiyah memiliki komitmen yang tinggi untuk mendukung perbankan syariah. Oleh sebab itu, Muhammadiyah terus melakukan rasionalisasi dan konsolidasi terhadap masalah keuangannya.

Dengan begitu, Muhammadiyah bisa berkontribusi bagi terciptanya persaingan yang sehat di antara perbankan syariah yang ada, terutama ketika dunia perbankan syariah tersebut berhubungan dengan Muhammadiyah.

Baca Juga: Contoh Soal IPA Biologi Kelas 11 SMA MA Bab 2 Pergerakan Zat melalui Membran Sel Topik Transport Pasif Difusi

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah