Unggul 0,013 detik, Carlos Sainz Raih Pole Kalahkan Verstappen di Kualifikasi F1 GP Italia 2023

- 3 September 2023, 15:02 WIB
Unggul 0,013 detik, Carlos Sainz Raih Pole Kalahkan Verstappen di Kualifikasi F1 GP Italia 2023
Unggul 0,013 detik, Carlos Sainz Raih Pole Kalahkan Verstappen di Kualifikasi F1 GP Italia 2023 /

BANJARNEGARAKU.COM - Sesi kualifikasi untuk F1 Grand Prix Italia menyajikan pertarungan yang seru, dengan Carlos Sainz dari tim Ferrari keluar sebagai peraih pole position untuk pertama kalinya musim ini. Sainz berhasil mengambil posisi terdepan pada Q3 setelah unggul tipis, hanya 0,013 detik dari Max Vestrappen. Walaupun Verstappen dari Red Bull dan rekan setimnya Charles Leclerc meningkatkan catatan waktu mereka, namun pembalap Spanyol itu tetap tak terkejar dan berhasil mempertahankan keunggulannya.

dilansir banjarnegaraku.com dari situs resmi F1. Sainz mencatat waktu 1 menit 20,294 detik, mengungguli Verstappen dengan selisih tipis hanya sepersepuluh detik.Verstappen dan Leclerc harus puas berada di posisi kedua dan ketiga secara berturut-turut, tertinggal kurang dari sepersepuluh detik dari posisi terdepan. Pembalap Mercedes, George Russell, tampil impresif dengan melampaui Sergio Perez dari Red Bull.

Q1

Verstappen sempat menjadi yang tercepat sebelum mengalami masalah di tikungan kedua Lesmo. Alexander Albon dari tim Williams dan George Russell juga tampil kuat di awal sesi ini. Lalu, ada momen dramatis ketika Lando Norris hampir bertabrakan dengan Esteban Ocon di tikungan Curva Alboreto, memaksa McLaren untuk menghindar.

Baca Juga: 2 Link Streaming MotoGP Catalunya 2023, Akankah Aprilia dan Aleix Espargaro Kembali Dominasi Balapan

Meskipun Verstappen sempat kehilangan waktu karena melebar, pembalap Belanda tersebut berhasil kembali ke puncak catatan waktu. Sesi Q1 berakhir dengan Verstappen memimpin, diikuti oleh Albon dan pembalap Williams, sementara Sergio Perez dan Carlos Sainz mengisi posisi lima besar.

Q2

Di Q2, para pembalap menggunakan ban mediUM. Sainz menunjukkan skilnya dengan kembali memimpin sesi Q2 dengan waktu yang impresif, diikuti oleh Verstappen, Charles Leclerc, Albon, dan Perez.

Juara dunia tujuh kali, Lewis Hamilton mengalami kesulitan di tikungan dan kesulitan menemukan kecepatannya. Sehingga pembalap Inggris tersebut harus terlempar dari Q2. Selain Hamilton, beberapa pembalap lainnya seperti Nico Hulkenberg, Liam Lawson, Lance Stroll, dan Valtteri Bottas juga tersingkir di Q2.

 Baca Juga: Aleix Espargaro Tebus Kesalahan Musim Lalu dengan Menjuarai MotoGP Tissot Sprint Race Catalunya 2023

Q3

Sesi Q3 menjadi klimaks yang sensasional pertarungan di antara Leclerc, Verstappen, dan Sainz. Verstappen melakukan kesalahan yang mengakibatkan harus melintasi kerikil di tikungan Variante della Roggia, dan membuatnya tertinggal dari pembalap Ferrari di putaran pertama.

 Carlos Sainz kemudian memegang posisi pertama dengan waktu 1m 20,294s, mencatat pole position pertamanya sejak Grand Prix Amerika Serikat tahun lalu. Meskipun ketiga pembalap teratas kehilangan pole hanya dalam seperseratus detik, Leclerc berhasil mendapatkan posisi kedua, diikuti oleh Verstappen.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: F1.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x