Diogo Moreira Cetak Sejarah, Jadi Pembalap Brasil Pertama Menang di Moto3 Pertamina Grand Prix of Indonesia

- 15 Oktober 2023, 15:14 WIB
Diogo Moreira Cetak Sejarah, Jadi Pembalap Brasil Pertama Menang di Moto3 Pertamina Grand Prix of Indonesia
Diogo Moreira Cetak Sejarah, Jadi Pembalap Brasil Pertama Menang di Moto3 Pertamina Grand Prix of Indonesia /MotoGP/

BANJARNEGARAKU.COM - Pertamina Mandalika Internasional Sirkuit, Lombok, Indonesia, Minggu 15 Oktober 2023 menjadi saksi sejarah Moto3. Diogo Moreira (MT Helmets – MSI) menjadi pembalap Brasil pertama yang meraih kemenangan di kelas Moto3 di Indonesia. Sementara pembalap Wild Card Indonesia Fadillah Arbi Aditama finis diposisi ke-17.

Dilansir banjarnegaraku.com dari situs resmi motogp.com. Moreira memulai balapan dari pole position dan memimpin di awal. Namun, Daniel Holgado (Red Bull KTM Tech3) mengambil alih pimpinan balapan pada Lap 3. Moreira tertinggal di urutan ketiga, sementara itu Ayumu Sasaki (Liqui Moly Husqvarna Intact GP), yang merupakan penantang gelar, mengalami masalah saat start.

Holgado tampak mendominasi balapan, sementara Moreira harus berjuang untuk melewati dua pembalap lainnya, Collin Veijer (Liqui Moly Husqvarna Intact GP) dan David Alonso (GASGAS Aspar Team). Sasaki sendiri menjalani lomba yang buruk dan terlempar keluar dari 15 besar.

Baca Juga: Mario Aji Resmi Naik Kelas ke Moto2 musim 2024 Gantikan Ai Ogura, Cocok Kata Aoyama!

Namun, keberuntungan berpihak pada Moreira pada enam lap tersisa. Holgado dihukum Long Lap Penalty karena memotong lintasan di Tikungan 9. Moreira memanfaatkan kesempatan ini untuk memimpin balapan.

Moreira menyalip Munoz untuk posisi pertama dan mempertahankan posisinya hingga garis finis. Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Moreira sejak debut di Moto3 pada 2022 lalu. Sementara itu, Masia menempati posisi keenam. Holgado dikenai penalty tiga detik lantaran tak jalani LLP.

Jose Antonio Rueda membawa Red Bull KTM Ajo finis di urutan kelima, dilanjutkan Furusato yang cetak hasil balapan terbaiknya dengan duduki P7. Deniz Oncu (Red Bull KTM Ajo) posisi kedelapan, di depan Holgado serta Ivan Ortola (Angeluss MTA Team) yang melengkapi sepuluh besar, usai dihukum Double Long Lap Penalty lantaran jump start.

Meski tak finis podium, Masia masih memuncaki klasemen Moto3 dengan keunggulan 16 poin atas Sasaki, serta 17 poin dari Holgado. Kemenangan di Mandalika menambah perolehan Moreira menjadi 128 poin.

Baca Juga: Bocah Purworejo Fadillah Arbi Siap Bersaing dengan Jaume Masia di kelas Moto3 MotoGP Mandalika 2023

Berikut hasil lengkap Moto3 

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: MotoGP.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x