Pawai Kemerdekaan Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Budaya Bangsa, Ini Kata Bupati Tiwi

- 20 Agustus 2023, 00:16 WIB
Pawai Kemerdekaan Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Budaya Bangsa, Ini Kata Bupati Tiwi
Pawai Kemerdekaan Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Budaya Bangsa, Ini Kata Bupati Tiwi /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM - Pawai Budaya digelar dalam rangka semarak HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Purbalingga Tahun 2023. Pawai kali ini mengusung tema : 'Mewujudkan Purbalingga Yang Maju dan Berkebudayaan'.

"Indonesia selain harus berdikari secara ekonomi, berkedaulatan di bidang politik juga harus berkepribadian dalam kebudayaan," kata Bupati Tiwi saat Pawai Budaya, Sabtu 19 Agustus 2023 di Kompleks selatan Alun-alun Purbalingga.

Baca Juga: Drama Bowling Lap Pertama Sprint Race MotoGP Austria 19 Agustus 2023, Bagnaia Juara, Berikut Jalannya Balapan

Melalui tema tersebut, pawai kali ini didominasi penampilan aspek budaya, adat dan juga seni. Berbagai pertunjukan dipertontonkan seperti Karawitan, Ebeg, Lengger, Begalan, aneka tari tradisional, Ujungan, Tektek/kenthongan. Peserta pawai menampilkan parade pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia.

"Dengan tema kali ini dalam semarak kemerdekaan diharapkan masyarakat Purbalingga tidak hanya mencintai tanah air akan tetapi juga mencintai terhadap tradisi budaya sendiri, ungkapnya.

Baca Juga: Didampingi Ulama dan Kiai Pimpin Jateng Selama 10 Tahun, Ganjar Sampaikan Rasa Bangga Mendalam

Pawai Budaya kali ini diikuti oleh 152 peserta, mulai dari OPD/instansi, BUMD, Sekolah, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Keagamaan, dan sebagainya. Selain aspek budaya, Pawai Budaya kali ini juga digunakan sebagai ajang promosi layanan OPD.

"Mudah mudahan pawai ini bermanfaat sebagai suguhan hiburan, tontonan bagi masyarakat Kabupaten Purbalingga," katanya.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Prokopim Purbalingga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah