Cegah Kegemukan Paska Lebaran dengan Puasa Syawal, Mengapa dan Bagaimana Solusinya....

- 11 April 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi mencegah kegemukan setelah lebaran. Cegah Kegemukan Paska Lebaran dengan Puasa Syawal, Mengapa dan Bagaimana Solusinya..../freepik.com
Ilustrasi mencegah kegemukan setelah lebaran. Cegah Kegemukan Paska Lebaran dengan Puasa Syawal, Mengapa dan Bagaimana Solusinya..../freepik.com /

BANJARNEGARAKU.COM - Usai Lebaran, ternyata berat badan kita mulai bertambah timbangannya. Paska Lebaran, seringkali banyak orang mengalami beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah masalah kegemukan akibat perubahan pola makan yang drastis.

Pasalnya, ketika bersilaturahmi dan berkumpul bareng keluarga yang menyuguhkan berbagai macam minuman dan makanan berkalori tinggi juga menjadi faktor pendorong kenaikan berat badan yang signifikan bagi seseorang.

Baca Juga: Usai Lebaran, Puasa Syawal 2024 Tanggal Berapa? Simak Ini Info Jadwal dan Bacaan Niatnya....

"Karena asupannya banyak, makan sudah tidak lagi dibatasi dan yang utama adalah karena kita tidak mengubah gaya hidup dalam jangka waktu lama,” ujar Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, Sp.GK, pada Jumat, 14 April 2023.

Dilansir Banjarnegaraku.com dari Berbagai Sumber. Jadi, salah satu cara untuk mengantisipasi hal tersebut adalah melaksanakan puasa sunnah Syawal selama enam hari. Lalu, dilanjutkan dengan membayar utang puasa.

Hal tersebut dilakukan supaya tubuh dapat terbiasa dan beradaptasi dengan pola makan yang teratur, sehingga berat badan tetap stabil. Selain itu, Nurul juga memberikan saran agar tetap konsisten dalam menjaga pola makan dapat dilanjutkan dengan membiasakan diri berpuasa sunnah Senin dan Kamis.

Baca Juga: KEREN! Timnas U23 Indonesia Taklukan Uni Emirat Arab 1-0, Simak Selengkapnya di Sini!

Hal penting lainnya adalah asupan gizi yang seimbang, yakni makanan yang memenuhi makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral).

Sebagaimana anjuran Nabi, saat berbuka puasa kita dapat memakan kurma yang memiliki kandungan karbohidrat, serat, dan gula. Lalu, hal lain yang harus ditambah adalah protein yang bisa didapatkan dari tempe, tahu, telur, atau susu.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah