Menghadang Lailatul Qadar di Sepuluh Hari Terakhir Ramadhan

- 30 Maret 2024, 09:20 WIB
Ilustrasi Lailatul Qadar di sepuluh hari terakhir Ramadhan
Ilustrasi Lailatul Qadar di sepuluh hari terakhir Ramadhan /Pixabay

BANJARNEGARAKU.COM - Dalam ajaran Islam, malam Lailatul Qadar merupakan malam yang apabila melakukan kebaikan, maka kebaikan itu akan lebih baik dari kebaikan selama seribu bulan. Karena itulah umat Islam banyak yang menghadang dan memburunya. Benarkah malam berharga itu hanya ada di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan?

Pendapat para ulama menjadi cahaya dalam menyingkap misteri Lailatul Qadar. Menurut Ibn Hajar, di antara banyaknya pendapat yang beredar, yang paling kuat adalah pendapat yang menyatakan bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ganjil di 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

Baca Juga: Keutamaan Malam Lailatul Qodar di Bulan Ramadhan, Ada Tanda-tandanya Berikut Ini....

Hal ini didasarkan pada hadist berikut:

“Dari Aisyah r.a, bahwasanya Rasulullah Sholallohu 'alaihi wassalam bersabda: Carilah Lailatul Qadar itu dalam malam ganjil dari sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Malam-malam ini jatuh pada tanggal 21, 23, 25, 27, dan 29 dalam bulan Ramadhan. Meskipun demikian, malam Lailatul Qadar pada setiap tahunnya dapat jatuh pada malam yang berbeda, menambah misteri dan kekhususan malam tersebut.

Hikmah disembunyikannya malam Lailatul Qadar adalah agar umat Islam terus bersemangat beribadah dalam penutupan Ramadhan dan tidak terfokus pada satu malam yang dientukan.

Baca Juga: Benarkah Tidurnya Orang Berpuasa Berpahala? Begini Penjelasan Gus Baha

Dengan demikian, meskipun malam Lailatul Qadar tetap tersembunyi, namun pesan dan hikmah yang terkandung di dalamnya jelas dan terang bagi mereka yang mau memahami.

Halaman:

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x