Jangan Kaget Jika Televisi Anda Tiba-tiba Mati, Simak Informasi Selengkapnya

- 15 Februari 2022, 08:37 WIB
Ilustrasi Televisi.  Berikut ini terdapat jadwal acara televisi di Trans TV, Trans 7 dan MNC TV, saksikan tayangan favorit anda.
Ilustrasi Televisi. Berikut ini terdapat jadwal acara televisi di Trans TV, Trans 7 dan MNC TV, saksikan tayangan favorit anda. /PIXABAY

BANJARNEGARAKU - Siaran televisi analog akan segera migrasi menuju siaran televisi digital, hal ini merupakan rencana pemerintah menaikan kualitas siaran televisi Indonesia.

Selama masa peralihan, anda tetap bisa menyaksikan siaran televisi analog namun sangat disarankan untuk segera mengubah sinyal antena ke siaran digital.

Migrasi siaran televisi ini dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama akan diselenggarakan pada tanggal 30 April 2022, tahap kedua tanggal 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga tanggal 2 November 2022.

Baca Juga: Diet Tanpa Makan Nasi, Kenapa Tidak? Ini Makanan Penggantinya

Perbedaan TV Analog dan Digital Sebagai teknologi pengganti, tentu saja televisi digital memiliki beberapa perbedaan dibandingkan teknologi penyiaran yang sudah ada sebelumnya.

Berikut ini beberapa perbedaan analog dan digital.

1. Sinyal yang digunakan Perbedaan pertama bisa dilihat dari sinyal yang digunakan. Televisi analog hanya bisa menerima sinyal antena UHF.

Maka dari itu televisi ini mudah mengalami gangguan, noise, hingga distorsi. Sedangkan untuk televisi digital sudah bisa memproses sinyal digital atau analog, sehingga minim gangguan.

2. Kemampuan menangkap sinyal Televisi analog sangat bergantung pada jarak dengan stasiun pemancar TV.

Semakin jauh jaraknya maka antena akan semakin sulit menangkap sinyal penyiaran. Akibatnya kualitas gambar menjadi menurun.

Halaman:

Editor: Kunto Adhi Prasetyo

Sumber: Kementrian Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x