Banjir Lumpur Sungai Serayu, Pengelola Waduk Mrica Banjarnegara Minta Maaf

- 8 April 2022, 13:36 WIB
Masyarakat tangkap ikan mabuk di aliran irigasi wilayah Kabupaten Banyumas
Masyarakat tangkap ikan mabuk di aliran irigasi wilayah Kabupaten Banyumas /doc. Warga

BANJARNEGARAKU - General Manager PT Indonesia Power Mrica PGU Banjarnegara, PS. Kuncoro  meminta maaf dihadapan Bupati Banyumas Achmad Husein, saat mengelar pertemuan di Ruang Joko Kaiman Pendopo Bupati Banyumas Jumat 8 April 2022.

Permintaan maaf disampaikan juga kepada masyarakat Banyumas, dan Cilacap, karena melakukan pembuangan lumpur yang terjadi 31 Maret 2022 dan 6 April 2022 ke Sungai Serayu. 

“Pembuangan lumpur terpaksa dilakukan karena kondisi lumpur di Waduk Mrica sudah berada di zona bahaya, atau sudah mencapai ketingian 186 meter diatas permukaan laut,” ujarnya.

Baca Juga: Jangan Tinggalkan Dapur Ketika Memasak, Ini Akibatnya

Sehingga untuk mencegah jebolnya waduk, maka dilakukan pembuangan lumpur, namun diakui pihaknya tidak melakukan kordinasi dengan Kabupaten di bawah waduk.

Kondisi tersebut berdampak kepada masyarakat Banyumas karena tidak ada bahan baku air untuk PDAM dan matinya ribuan ikan di sepanjang aliran Sungai Serayu. 

“Kami siap memberikan kompensasi kepada masyarakat, dan juga akan menebar ikan secara bertahap di Sungai Serayu,” lanjut Kuncoro.

Baca Juga: Polisi Gagalkan Aksi Perang Sarung yang Libatkan Pelajar, Begini Ceritanya

Bupati Banyumas Achmad Husein meminta kepada kepada pengelola PLTA Mrica untuk membantu ribuan pelanggan PDAM Banyumas yang kesulitan air bersih.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x