Teman Sependakian Kena Hipotermia, Begini Pertolongan Pertama Secepatnya

- 26 Juni 2023, 12:50 WIB
Ilustrasi terkait Hipotermia yang harus diketahui sebelum mendaki gunung, gejala dan cara penanganannya.
Ilustrasi terkait Hipotermia yang harus diketahui sebelum mendaki gunung, gejala dan cara penanganannya. /Pexels/Eric-Sanman

 

 

BANJARNEGARAKU.COM - Hipotermia adalah kondisi penurunan suhu tubuh jauh di bawah suhu normal. Penyebabnya adalah kehilangan panas lebih cepat daripada kemampuan tubuh menghasilkan panas. Korban yang kena hipotermia harus cepat mendapatkan pertolongan pertama.

Kondisi hipotermia kadang terjadi pada pendaki di pegunungan. Karena kurang pengalaman dan pengetahuan menghadapi kondisi pendakian, pendaki (terutama pemula) bisa membahayakan diri sendiri.

Penyebab terjadinya hipotermia saat pendakian biasanya karena baju yang basah dan udara dingin pegunungan. Baju basah bisa disebabkan keringat atau karena kehujanan. Segeralah berteduh dan ganti pakaian dengan baju cadangan yang kering. Kenakan jaket atau kerodong untuk mengurangi pelepasan panas tubuh.

Baca Juga: Bukan Diperpanjang, Begini Penjelasan Rektor Unnes tentang Seleksi Mandiri Jalur Nilai Rapor

Seperti mahasiswi UNDIP yang ditemukan tewas di Lawu pada Minggu 25 Juni 2023 siang, diduga juga karena hipotermia. Namun masih perlu penyelidikan lebih lanjut.

Caption: Wajib Tahu! Agar Tidak Terjadi Hipotermia Lakukan 4 Hal Ini Saat Mendaki Gunung / Tangkapan Layar Google
Caption: Wajib Tahu! Agar Tidak Terjadi Hipotermia Lakukan 4 Hal Ini Saat Mendaki Gunung / Tangkapan Layar Google

Mengingat hipotermia tergolong sebagai kondisi yang bisa membahayakan nyawa, orang yang mengalaminya harus segera mendapatkan pertolongan.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: hellosehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x