Google Asia Pacific Ingatkan Pemerintah RI Soal Rancangan Perpres Jokowi Tentang Masa Depan Media Indonesia

- 27 Juli 2023, 09:13 WIB
Google Asia Pacific Ingatkan Pemerintah RI Soal Rancangan Perpres Jokowi Tentang Masa Depan Media Indonesia
Google Asia Pacific Ingatkan Pemerintah RI Soal Rancangan Perpres Jokowi Tentang Masa Depan Media Indonesia /Sarah Blocksidge/pexels.com

BANJARNEGARAKU.COM - Wakil Presiden Google Asia Pacific Michaela Browning mengingatkan Pemerintah Indonesia mengenai pengesahan rancangan terbaru Peraturan Presiden (Perpres) yang berkaitan dengan Jurnalisme berkualitas.

 

Sebagaimana dilansir Banjarnegaraku.com dari Blog resmi Google Indonesia, bahwa pihak Google khawatir nantinya apabila Perpres tersebut disahkan akan menghadirkan batasan bagi media.

Hal ini disebabkan karena peraturan yang saat ini diusulkan, dinilai memberi kekuasaan pada lembaga non-pemerintah dalam menentukan konten apa saja diperbolehkan untuk tayang.

Serta menentukan penerbit mana saja yang bisa mendapatkan penghasilan yang bersumber dari iklan.

Baca Juga: Viral Wine Bersertifikat Halal, Begini Respon BPJPH Kemenag

"Misi Google adalah membuat informasi mudah diakses dan bermanfaat bagi semua orang. Jika disahkan dalam versi sekarang, peraturan berita yang baru ini dapat secara langsung mempengaruhi kemampuan kami untuk menyediakan sumber informasi online yang relevan, kredibel, dan beragam bagi pengguna produk kami di Indonesia,'' katanya.

Michaela juga menuturkan dampaknya adalah semua upaya yang dilakukan oleh pihaknya bagi industri berita di Indonesia selama ini akan sia-sia.

Halaman:

Editor: Ali A


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x