China Kembali Angkat Wang Yi sebagai Menteri Luar Negeri, Dikenal Akrab dengan AS

- 26 Juli 2023, 11:38 WIB
Menteri Luar Negeri China, Wang Yi.
Menteri Luar Negeri China, Wang Yi. /REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana/

 

BANJARNEGARAKU.COM - Keputusan China untuk mengangkat kembali diplomat utamanya Wang Yi sebagai menteri luar negeri, berarti Amerika Serikat (AS) akan berurusan dengan sosok akrab dalam upaya untuk memantapkan hubungan dengan musuh strategis utamanya itu.

Namun, kembalinya Wang Yi ke jabatan yang dia pegang selama sebagian besar dekade terakhir tidak mungkin mengubah lintasan hubungan bilateral yang bermasalah atau menghilangkan kekhawatiran tentang kinerja pemerintahan Presiden China Xi Jinping yang dinilai buram.

Adapun pencopotan menteri luar negeri sebelumnya, Qin Gang terjadi pada Selasa 25 Juli 2023 atau hampir setengah tahun setelah dia menduduki jabatan tersebut. Mantan duta besar berusia 57 tahun untuk AS dan ajudan Xi Jinping itu mengambil alih jabatan menteri luar negeri pada Desember 2022, tetapi tidak terlihat di depan umum sejak 25 Juni 203.

Baca Juga: Kelompok Hacker Korea Utara Bobol Perusahaan Teknologi AS untuk Mencuri Crypto

Dilansir Banjarnegaraku.com dari Reuters, Rabu 26 Juli 2023, Kementerian Luar Negeri China mengatakan Qin Gang dicopot karena tidak bekerja dengan alasan kesehatan, tetapi tidak memberikan rincian.

Adapun menteri luar negeri baru China, Wang Yi, dikenal di Washington karena kecerdasannya yang tajam dan pembelaannya yang terkadang agresif terhadap posisi China, telah menjadi pelengkap dalam hubungan AS-China selama bertahun-tahun.

Analis yang berbasis di Washington mengatakan kembalinya Wang ke kementerian akan membantu kementerian luar negeri China melanjutkan operasi normal setelah berminggu-minggu spekulasi internasional tentang nasib Qin.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x