GAWAT! Putin Gertak Barat dengan Bom Nuklir di Belarusia, Berkekuatan 3 Kali Bom Atom AS di Hiroshima

- 17 Juni 2023, 14:21 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin.
Presiden Rusia Vladimir Putin. /Sputnik/Ramil Sitdikov/Host via REUTERS/

 


BANJARNEGARAKU.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan telah mengerahkan senjata nuklir taktisnya ke Belarusia. Ditegaskan, konfirmasi pertama terkait ancaman bom nuklir itu dilakukan Rusia untuk memperingatkan Barat agar menghentikan dukungan persenjatan ke Ukraina.

Berbicara di forum ekonomi utama Rusia di St Petersburg, Jumat 16 Juni 2023, Putin mengatakan hulu ledak bom nuklir taktis Rusia telah dikirim ke sekutu dekat Belarus, tetapi menekankan bahwa dia tidak melihat perlunya Rusia menggunakan senjata nuklir untuk saat ini.

"Seperti yang Anda ketahui, kami sedang bernegosiasi dengan sekutu kami, (Presiden Belarusia (Alexander) Lukashenko, bahwa kami akan memindahkan sebagian dari senjata nuklir taktis ini ke wilayah Belarusia - ini telah terjadi," kata Putin, dilansir Banjarnegaraku.com dari Reuters, Sabtu 17 Juni 2023.

Baca Juga: Bank Sentral Eropa Mendesak Bank-Bank Zona Eropa segera Hengkang dari Rusia

"Pusat nuklir pertama dikirim ke wilayah Belarus. Tapi hanya yang pertama, bagian pertama. Tapi kami akan melakukan pekerjaan ini sepenuhnya pada akhir musim panas atau akhir tahun," imbuhnya

Langkah tersebut, pengerahan hulu ledak pertama Moskow - senjata nuklir jarak pendek yang berpotensi digunakan di medan perang - di luar Rusia sejak jatuhnya Uni Soviet dimaksudkan sebagai peringatan ke Barat tentang mempersenjatai dan mendukung Ukraina.

"Justru sebagai elemen pencegahan agar semua orang yang berpikir untuk menimbulkan kekalahan strategis pada kita tidak menyadari keadaan ini," kata Putin, menggunakan istilah diplomatik untuk kekalahan yang begitu parah sehingga kekuatan Rusia akan melakukannya, akan berkurang di panggung dunia selama beberapa dekade.

Sebelumnya, Presiden Belarusia Lukashenko, mengatakan pada Selasa 13 Juni 2023 malam bahwa negaranya telah mulai menerima pengiriman senjata nuklir taktis Rusia yang mencakup sekitar tiga kali lebih kuat daripada bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat di Jepang pada 1945.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Formasi PPPK 2023 Provinsi Jambi

22 September 2023, 19:09 WIB

Formasi PPPK 2023 Kabupaten Brebes

22 September 2023, 19:02 WIB

Formasi PPPK 2023 Kabupaten Bengkulu Tengah

22 September 2023, 18:56 WIB

Formasi PPPK 2023 Kabupaten Sigi

22 September 2023, 18:37 WIB

Terpopuler

Kabar Daerah

x