AS Selamat dari Ancaman Gagal Bayar Utang, Joe Biden Bersorak: Ini Kemenangan Besar bagi Rakyat!

- 3 Juni 2023, 08:10 WIB
Presiden AS Joe Biden berbicara kepada bangsa tentang pencegahan gagal bayar utang dan Perjanjian Anggaran Bipartisan, di Gedung Putih di Washington,DC, Jumat 2 Juni 2023.
Presiden AS Joe Biden berbicara kepada bangsa tentang pencegahan gagal bayar utang dan Perjanjian Anggaran Bipartisan, di Gedung Putih di Washington,DC, Jumat 2 Juni 2023. /JIM WATSON/Pool via REUTERS/

 

BANJARNEGARAKU.COM - Amerika Serikat (AS) akhirnya berhasil lolos dari ancaman gagal bayar utang yang jika hal itu terjadi akan membawa AS mengalami resesi ekonomi, bahkan bisa mengguncang ekonomi global.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS sepakat meloloskan Rancangan Undang-Undang (RUU) Bipartisan yang mencabut pagu utang pemerintah senilai 31,4 triliun dolar AS.

Pelolosan RUU tersebut sukses mencegah AS dari ancaman atau gagal bayar utang untuk kali pertama yang jatuh tempo pada 1 Juni 2023.

Sebanyak 63 suara memberikan dukungan mengenai RUU yang sudah disahkan olehDPR AS pada Rabu 31 Mei 2023. Sementara itu, 36 lainnya menolak dalam pemungutan suara.

Baca Juga: Respons Undang-Undang Anti-LGBT Uganda, Presiden AS Joe Biden Menolak dan Siapkan Sanksi

"Kami menghindari gagal bayar utang malam ini," kata Pemimpin Mayoritas Senat AS, Chuck Schumer pada Kamis 1 Juni 2023 waktu setempat, ketika memperkenalkan undang-undang tersebut, seperti dikutip Banjarnegaraku.com dari Reuters, Sabtu 3 Juni 2023.

Langkah Kongres ini dipuji oleh Presiden AS, Joe Biden yang turut mendukung RUU tersebut. Bahkan Biden bersorak dan mengatakan RUU ini merupakan "kemenangan besar" bagi AS yang dapat terhindar dari resesi ekonomi.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x