Kelompok Hacker Korea Utara Bobol Perusahaan Teknologi AS untuk Mencuri Crypto

- 21 Juli 2023, 08:31 WIB
Ilustrasi mata uang crypto.
Ilustrasi mata uang crypto. /Freepik/Fabrikasimf/

BANJARNEGARAKU.COM - Kelompok hacker atau peretas yang didukung pemerintah Korea Utara membobol perusahaan manajemen technology information (TI) Amerika Serikat dan menggunakannya sebagai batu loncatan untuk menargetkan perusahaan mata uang kripto.

Pakar keamanan siber AS pada Kamis 21 Juli 2023 menjelaskan, hacker membobol perusahaan JumpCloud yang berbasis di Louisville, Colorado pada akhir Juni dan sejak itu menggunakan akses mereka ke sistem perusahaan untuk menargetkan kurang dari 5 kliennya.

JumpCloud tidak mengidentifikasi pelanggan yang terpengaruh, tetapi firma keamanan siber CrowdStrike Holdings -- yang membantu JumpCloud dan Mandiant milik Alphabet, yang membantu salah satu klien JumpCloud -- keduanya mengatakan bahwa peretas yang terlibat diketahui fokus pada pencurian mata uang crypto.

Baca Juga: Satelit Korea Utara Jatuh ke Laut setelah Roket Gagal Meluncur ke Ruang Angkasa

Dilansir Banjarnegaraku.com dari Reuters, Jumat 21 Juli 2023, dua orang yang mengetahui masalah tersebut mengonfirmasi bahwa klien JumpCloud yang menjadi target peretas adalah perusahaan cryptocurrency.

Peretasan tersebut menunjukkan bagaimana mata-mata dunia maya Korea Utara, yang dulu puas dengan mengejar perusahaan mata uang digital sedikit demi sedikit, sekarang menangani perusahaan yang dapat memberi mereka akses lebih luas ke banyak korban di hilir, sebuah taktik yang dikenal sebagai "serangan rantai pasokan".

“Menurut pendapat saya, Korea Utara benar-benar meningkatkan permainan mereka,” kata Tom Hegel, yang bekerja untuk perusahaan AS SentinelOne dan secara independen mengonfirmasi atribusi Mandiant dan CrowdStrike.

Misi Pyongyang untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York tidak menanggapi permintaan komentar tekait kasus tersebut. Korea Utara sebelumnya membantah mengorganisir pencurian mata uang digital, meskipun banyak bukti, termasuk laporan PBB.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x