Lintasan Zig-zag dan Angka 8 Ujian Praktik SIM C Resmi Dihapus, Begini Tahapan Penggantinya

- 4 Agustus 2023, 19:46 WIB
Ilustrasi. Korlantas Polri resmi menghapus skema ujian SIM C membentuk angka delapan dan pola zig-zag.
Ilustrasi. Korlantas Polri resmi menghapus skema ujian SIM C membentuk angka delapan dan pola zig-zag. /PMJNews

BANJARNEGARAKU.COM - Korlantas Polri resmi mengubah trek ujian praktek pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) pada kendaraan roda dua. Peresmian tersebut dilakukan di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, pada Jumat, 4 Agustus 2023.

 

Perubahan ujian praktik pembuatan SIM C tersebut, yakni pada trek yang semula berbentuk angka 8 dan zig-zag, kini dirubah menjadi berbentuk huruf S.

"Ini adalah desain sirkuit uji praktik roda dua yang baru. Di sini kita mengakomodir dari hasil-hasil yang sebelumnya sudah dilaksanakan dari hasil kajian bersama para pakar," kata Kasibinyan Subdit SIM Ditregident Korlantas Polri AKBP Faisal Andri Pratomo dikutip Banjarnegaraku.com dari PMJ News.

Baca Juga: Ramai Beli LPG 3 Kg Wajib Bawa KTP, Begini Kata ESDM

Selain lintasan angka 8 dan zig-zag yang dirubah, Faisal juga mengatakan bahwa ada pengurangan jumlah patok pada lintasan lurus. Yang awalnya jarak antar patok pada 200 cm menjadi 250 cm.

Tahapan lintasan ujian praktek SIM C yang baru

Faisal menjelaskan tahapan pertama lintasan uji praktik SIM C adalah lintasan lurus yang jumlah patoknya dikurangi. Dan jarak antar patok kini menjadi 250 cm.

Tahapan selanjutnya merupakan pengereman menggunakan traffic light yang bertujuan untuk memberikan edukasi bagi masyarakat terkait fungsi dari lampu merah.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x