Viral! Rangka Motor Honda Patah Karatan, Berikut Kesaksian Jujur Mekanik AHASS Banjarnegara yang Pengalaman

- 27 Agustus 2023, 13:02 WIB
Rangka eSAF
Rangka eSAF /dok. Honda/

 

BANJARNEGARAKU.COM - Belakangan media sosial tiktok diramaikan dengan unggahan pemilik motor dari produk Honda yang mengaku rangka motornya karatan. Sementara tiktok lain memuat beberapa motor yang selain karat, juga sampai keropos hingga patah rangka. Seorang mekanik AHASS di Banjarnegara menanggapi postingan ini dengan jujur. 

Banyak dari konten ini menunjuk pada rangka eSAF yang digunakan beberapa motor keluaran Honda. Konten-konten ini memperlihatkan motor yang dibongkar dan menunjukkan bagian yang berkarat bahkan keropos. 

Baca Juga: ASN Kemenag Tambah Sejahtera: Gaji Naik 8 Persen serta Tukin Naik 80 Persen

Bahkan postingan dari akun tiktok @imanmadden membuat postingan kompilasi motor yang rangkanya disebut osteoporosis. Beberapa postingan menunjukkan rangka motor patah pada bagian sudut yang biasa terletak di bawah kaki pengguna motor matic. Postingan ini sudah disuka 131.000 lebih like dan mendapat lebih dari 13.000 komentar. 

Rangka eSAF adalah Enhanced Smart Architecture Frame (rangka arsitektur cerdas yang ditingkatkan) merupakan teknologi terbaru dari Honda. Rangka eSAF mulai diperkenalkan pada tahun 2019 pada Honda Genio. Beberapa jenama Honda lain menggunakan rangka eSAF ini. 

Berikut adalah beberapa jenis motor yang menggunakan rangka eSAF

  • Beat
  • Beat Street
  • Scoopy
  • Vario 160

 

Dilansir dari PRFMNews, Pihak PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai pihak yang bertanggung jawab pada layanan pelanggan, membuat video klarifikasi. Pada tayangan yang disadur berbagai media termasuk unggahan tiktok, menjelaskan bercak kuning pada rangka eSAF motor Honda Vario seperti dalam video viral itu bukan karatan tetapi silikat (senyawa kimia perpaduan Silikon dan Oksigen).

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: AHM Tik Tok


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah